Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Lagi Putih, Dapur Berwarna Gelap Bakal Menjadi Tren pada 2024

Kompas.com - 08/12/2023, 19:38 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur putih yang cerah telah lama menjadi pilihan desain klasik, tapi ada pesaing baru untuk tren dapur yang akan muncul pada 2024.

Tren desain yang gelap dan murung tidak berhenti di ruang rias. Dilansir dari The Spruce, Jumat (8/12/2023), diprediksi dapur berwarna gelap akan menjadi tren pada tahun depan. 

Baca juga: 4 Tata Letak Dapur Terburuk yang Harus Dihindari Menurut Para Ahli

Fitur utama dari banyak dapur berwarna gelap yang trendi adalah palet warnanya yang kaya, entah itu backsplash yang tebal dan dalam atau warna yang konsisten dari kabinet ke dinding.

Memilih satu warna dasar utama adalah cara baik mendapatkan dapur yang penuh gaya. Pencahayaan yang rendah dan dapat dipindah-pindahkan bisa membantu menonjolkan fitur dapur yang ingin Anda tampilkan. 

Anda juga tidak harus memilih warna hitam yang berlebihan. Nuansa biru dan hijau yang lebih tua adalah beberapa pilihan paling populer untuk ruangan yang gelap karena menciptakan dapur yang hangat dan menenangkan. 

Baca juga: 5 Desain Wallpaper yang Membuat Dapur Terlihat Mencolok

Ilustrasi dapur minim cahayaSHUTTERSTOCK/SERGHEI STARUS Ilustrasi dapur minim cahaya
Jika berencana memasukkan warna abu-abu gelap atau hitam ke dapur, pertimbangkan menambahkan elemen kecil yang mencerahkan ruangan.

Pikirkan backsplash berwarna terang, perlengkapan keran air yang berani, atau lemari pajangan berwarna terang. Fitur-fitur ini juga membantu mencegah dapur berwarna gelap agar tidak terasa tertutup.

Jika bekerja dengan dapur yang lebih kecil, jaga lemari bagian atas atau backsplash sedikit lebih terang untuk membantu ruang terasa lebih besar.

Untuk menekankan palet warna gelap, pencahayaan rendah dan hangat sangat penting. Tampilan ini dapat dicapai dengan menggunakan peredup cahaya, lampu yang ditempatkan dengan baik atau lampu bar, bahkan lilin yang strategis (bertenaga baterai adalah yang terbaik untuk dapur). 

Baca juga: 4 Ide Desain Dapur di Bawah Tangga yang Cantik dan Fungsional

Pencahayaan aksen redup juga dapat membantu mengubah ruang yang lebih terang menjadi gaya yang lebih kaya akan suasana hati.

Hal ini juga berguna bagi penggemar estetika yang tidak yakin apakah mereka siap  menggunakan palet berwarna gelap sepenuhnya. 

Peralatan dapur juga merupakan cara mudah membantu membuat dapur berwarna gelap lebih hidup. Peralatan masak dari tembaga akan menambahkan aksen lebih terang pada dapur, terutama jika menggantung panci dan wajan di area paling gelap di dapur. 

Jika ingin membuat suasana lebih gelap, hitam matte adalah pilihan peralatan masak yang bagus, karena akan menyatu dengan ruangan lainnya. Elemen pajangan yang praktis, seperti handuk dapur, baki saji, dan peralatan, bisa bervariasi. 

Baca juga: 5 Fitur yang Wajib Dimiliki untuk Membuat Dapur Tetap Tertata 

Berpikir mengganti keran air atau gagang kabinet? Emas adalah pilihan baik untuk memberikan tampilan mewah pada dapur karena memberikan aksen elegan dan terlihat fantastis dalam pencahayaan yang lembut.

Logam yang lebih berani dan berwarna terang, terutama tembaga, cenderung lebih populer di dapur gelap karena mereka menambahkan elemen terang tanpa mengurangi warna gelap.

Jangan ragu memberikan perubahan suasana hati di dapur pada tahunmendatang. Anda bahkan mungkin memutuskan membawa tren dapur ke ruang keluarga atau ruangan lain di rumah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com