Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/11/2023, 07:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menambahkan tanaman hias ke dalam ruangan adalah cara cepat dan mudah untuk mempercantik rumah maupun meningkatkan dekorasi.

Selain ruang keluarga, ruang tamu, dan kamar tidur, dapur juga menjadi ruangan yang dapat diletakkan tanaman hias

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Kamar Mandi

Tentu saja, meletakkan tanaman hias di dapur memiliki beberapa manfaat seperti ruangan lainnya, seperti membantu menjernihkan udara, menambahkan percikan warna, bahkan memberikan kesegaran. 

Namun, perlu diketahui, ada beberapa tanaman hias yang cocok atau tumbuh di setiap dapur karena setiap ruangan memiliki kondisi cahaya, kelembapan, dan suhu berbeda. 

Jadi, Anda harus memilih tanaman hias yang cocok dengan kondisi dapur.

Namun, ada beberapa tanaman hias yang dapat tumbuh subur di dapur dalam kondisi apa pun seperti disadur dari The Spruce, Kamis (30/11/2023). 

Pothos (Epipremnum aureum)

Ilustrasi tanaman pothos.Shutterstock/Firn Ilustrasi tanaman pothos.
Pothos atau sirih gading (Epipremnum aureum) merupakan salah satu tanaman hias yang paling mudah dirawat. Pothos beradaptasi baik pada berbagai kondisi cahaya berbeda dan dianggap relatif toleran terhadap kekeringan.

Selain itu, pothos bisa menjadi tanaman gantung yang sangat bagus sehingga tidak perlu menyia-nyiakan ruang counter atau lantai yang berharga.  

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok Dirawat di Dalam Apartemen

Philodendron

Selanjutnya, tanaman hias yang dapat tumbuh subur di dapur adalah philodendron. Ini adalah genus tanaman hias dengan perawatan rendah yang terlihat bagus di keranjang gantung.

Sama dengan pothos, philodendron dianggap relatif tahan kekeringan dan tumbuh dalam cahaya tidak langsung terang hingga sedang.

Tanaman dedaunan ini hadir dalam berbagai bentuk dan warna dan terkenal sebagai pembersih udara yang baik, termasuk di dapur. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias Tropis yang Tumbuh Subur di Dalam Ruangan

Tanaman herbal 

Ilustrasi tanaman kemangi.Shutterstock/pilipphoto Ilustrasi tanaman kemangi.
Menanam tanaman herbal di dapur tampak seperti pilihan tepat, tapi sebenarnya tidak ada yang lebih baik daripada memasak dengan tanaman herbal segar dan organik, yang ditanam sendiri sepanjang tahun.

Selama dapur memiliki lokasi yang menerima sinar matahari langsung dan terang hampir sepanjang hari, tanaman herbal akan tumbuh dengan mudah.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menanam tanaman herbal dengan bantuan lampu tanam. Varietas herbal yang mudah ditanam di dalam ruangan, antara lain daun bawang, peterseli, mint, timi, rosemary, kemangi, oregano, dan daun ketumbar. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias Berukuran Tinggi yang Dapat Diletakkan di Dalam Rumah

Sukulen

Jika memiliki ambang jendela yang cerah dan terang di dapur, sukulen menjadi pilihan tanaman hias yang dapat tumbuh subur di dapur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com