Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Meletakkan Tanaman Hias di Rumah, Bikin Udara Bersih

Kompas.com - 09/11/2023, 12:17 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias menjadi elemon dekorasi yang dapat mempercantik dan menyegarkan ruangan.

Selain itu, tanaman hias membantu meningkatkan kualitas udara serta mengurangi rasa jenuh. Namun, meletakkan tanaman hias di dalam ruangan sering kali membingungkan. 

Baca juga: 6 Tanaman Bunga yang Wanginya Semerbak, Bisa Ditanam di Rumah

Padahal, meletakkan tanaman hias di dalam ruangan dengan baik dapat memberikan manfaat maksimal. 

Untuk membantu Anda, dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (8/11/2023), berikut enam ide meletakkan tanaman hias di rumah

Kamar mandi

Ilustrasi kamar mandi di dekorasi dengan elemen kayuShutterstock/New Africa Ilustrasi kamar mandi di dekorasi dengan elemen kayu
Kamar mandi merupakan tempat sempurna untuk meletakkan tanaman hias. Tanaman hias apat membantu meningkatkan kualitas udara dan menambahkan sentuhan alam ke kamar mandi.

Pilih tanaman hias yang menyukai kelembapan, seperti tanaman pakis, lidah mertua, dan sirih gading. Tanam tanaman di pot yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap air, seperti plastik atau logam agar tetap sehat.

Setelah itu, letakkan tanaman hias di rak terbuka agar tetap mendapat cahaya dan udara yang cukup. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Memberi Ketenangan di Kamar Tidur

Dapur

Selanjutnya, ide meletakkan tanaman hias di rumah adalah di dapur. Tanaman hias dapat menambah sentuhan hijau dan aroma ke dapur. 

Menambahkan tanaman hias di dapur juga dapat membersihkan udara setelah memasak, seperti tanaman lidah mertua dan peace lily. 

Pilihan lain, menambahkan tanaman herbal ke dapur. Tanaman herbal ini dapat diolah menjadi bumbu masakah dan akan tumbuh subur selama berbulan-bulan.

Beberapa tanaman herbal, seperti kemangi dan peterseli, membutuhkan cahaya terang, sedangkan rosemary dan mint tumbuh di tempat yang tidak begitu terang. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias Berdaun Hitam yang Dapat Ciptakan Kesan Elegan di Rumah

Ruang keluarga dan tamu

Ilustrasi tanaman hias di ruang tamu SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias di ruang tamu
Tanaman hias dapat memberikan sentuhan hijau dan tropis untuk di ruang keluarga dan tamu. Tanaman hias juga dapat menciptakan suasana menenangkan dan memberikan kehangatan.

Ada beberapa tanaman hias untuk ruang keluarga dan tamu, di antaranya tanaman anggerek, monstera, pohon palem, dan anthurium. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias Kecil yang Cocok Diletakkan di Ruang Terbatas

Ruang kecil

Ide meletakkan tanaman hias di rumah lainnya adalah di ruang kecil atau dinding hidup. Ini adalah cara bagus menambahkan sentuhan hijau ke ruang kecil atau mengisi dinding kosong dengan sistem penanaman rak, grid, atau pot.

Dengan adanya dinding hidup, hal ini dapat menambahkan dimensi pada ruang kecil serta meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi pencahayaan dan kelembapan di rumah. Beberapa tanaman yang populer untuk dinding hidup, seperti  tanaman philodendron, ivy, sukulen, dan pakis. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Dapat Mengurangi Kelembapan di Rumah

Kamar tidur

Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi tanaman hias di kamar tidur.
Kamar tidur dengan tanaman hias membantu tidur lebih nyenyak karena kualitas udara yang baik serta bersih. Anda dapat menggunakan tanaman lidah mertua, sirih gading, dan tanaman hias lainnya yang berdaun lebar dan lembut.

Ruang makan

Terakhir, ide meletakkan tanaman hias di rumah adalah di ruang makan. Tanaman bisa menciptakan suasana lebih santai dan nyaman saat makan bersama keluarga.

Beberapa tanaman hias yang cocok untuk ruang makan adalah sirih gading, lidah mertua, dan  pothos. Anda bisa menggantung tanaman pothos untuk menghemat ruang dan menambah daya tarik ruang makan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com