Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2023, 19:06 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comTandon adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan persediaan air bersih di rumah. Dengan adanya tandon air, maka kamu tak perlu khawatir kehabisan persediaan air di rumah.

Biasanya, tandon air diletakkan di luar rumah. Maka dari itu, tandon lebih mudah kotor dan cepat rusak apabila tidak dirawat dengan baik.

Selain membuat tandon lebih tahan lama, rutin membersihkan tandon juga bisa menjaga kebersihan air yang disimpan didalamnya. Dilansir dari Kevin Szabo Jr Plumbing, Rabu (29/11/2023), berikut ini tips menjaga kebersihan tandon air.

Baca juga: Cara Membersihkan Tandon Air dari Lumut dan Sarang Nyamuk

Cek permukaan tandon terlebih dahulu

Langkah awal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan tandon yaitu mengecek permukaan tandon tersebut dahulu. Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan tidak ada kerusakan pada tandon.

Selain itu, pastikan untuk menyapu dan mengepel area di sekitar tangki air. Dengan membersihkan area di sekitar tandon, maka tidak ada serangga yang bersembunyi di sekitar tandon.

tandon air atau tangki airShutterstock/Sudut Juang tandon air atau tangki air

Pasang sistem filter air di saluran masuk

Kotoran akan menyebabkan kerusakan pada reservoir yang membuat air tidak layak digunakan. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memasang sistem penyaring air di lubang saluran utama.

Jika kamu menggunakan pipa untuk mengalirkan air ke dalam reservoir, maka periksalah pipa tersebut secara rutin. Sebab, tak menutup kemungkinan terjadi kontaminasi air di saluran tersebut.

Baca juga: Tandon Air Plastik Vs Stainless Steel, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Cek ketinggian air tangka secara teratur

Cara merawat tandon air lainnya yaitu mengecek ketinggian air tangka. Pengecekan berguna untuk mengetahui frekuensi penggunaan air setiap harinya.

Jika permukaan air berkurang dengan cepat, maka tak menutup kemungkinan adanya kebocoran. Apabila ada kebocoran, segeralah untuk mengatasinya.

Kuras air

Tips menjaga kebersihan tandon air lainnya yaitu dengan rutin menguras air. Saat menguras air, jangan lupa untuk menggosok tandon menggunakan spons dan bilas dengan air bersih.

Dengan demikian, tidak ada lumut maupun jamur di dalam tandon. Setelah dikuras, kamu bisa mengisi kembali tandon dengan air bersih.

Cegah bau pada tandon dengan soda kue

Selain membersihkan lumut dan jamur, kamu juga perlu menghilangkan aroma tak sedap dalam tandon air.

Baca juga: 6 Bahan yang Ampuh Membersihkan Lumut dari Tandon Air

Saat tandon kosong, kamu bisa menambahkan sedikit soda kue ke dalam tandon. Lalu, bilas dengan air bersih.

Pasang perangkat pembersih otomatis

Lumpur menjadi salah satu kotoran yang sering dijumpai dalam tandon air. Untuk menjaga tangki bebas dari lumpur, disarankan untuk memasang perangkat pembersih tandon otomatis.

Perangkat ini akan bekerja otomatis setelah instalasi. Alternatif lainnya yaitu kamu bisa menghubungi tenaga ahli untuk membantu membersihkan tandon air di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com