Kompas.com - 31/08/2021, 14:07 WIB
Ilustrasi tandon air. SHUTTERSTOCK/TANAKDUSUNIlustrasi tandon air.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tandon air atau tangki air sangat dibutuhkan untuk menjaga pasokan air di rumah. Persediaan air ini berguna saat terjadi kondisi darurat, seperti masalah pada pompa air hingga mati listrik.

Karena digunakan terus-menerus untuk menyimpan air, tandon air dapat dipenuhi lumut dan menjadi tempat pertumbuhan mikroba, hingga sarang nyamuk.

Oleh sebab itu, tandon air harus dibersihkan dan didisinfeksi setidaknya sekali atau dua kali dalam setahun.

Baca juga: Hati-hati, Air Keran Mungkin Tak Cocok untuk Menyiram Tanaman Hias

Menurut Bob G Vincent, administrator lingkungan di Departemen Kesehatan di negara bagian Florida, AS seperti dikutip dari Water and Health, Selasa (31/8/2021), perawatan dan pemeliharaan tandon air yang tepat akan membunuh atau mencegah kelangsungan hidup bakteri dan virus (patogen) yang dapat menyebabkan sakit perut atau penyakit yang lebih serius.

Langkah-langkah ini juga membantu mencegah kerak dan lendir (biofilm) yang dapat mencemari air dan menampung patogen. Mereka juga membantu mengendalikan sedimen dan pertumbuhan lumut yang juga dapat menyebabkan rasa dan bau yang tidak menyenangkan.

Di samping itu, tandon air harus disegel untuk membantu mencegah kontaminasi dan disaring untuk menghindari perkembangbiakan nyamuk.

University of Arizona memberikan informasi terperinci tentang jenis tangki penyimpanan rumah tangga, kontaminan potensial, dan opsi serta langkah-langkah untuk mendisinfeksi air dan tandon air. 

Baca juga: Jangan Mencuci Panci Berlemak dengan Air Panas, Kenapa?

Selain itu, banyak saran untuk membersihkan tandon air dengan natrium hipoklorit cair atau pemutih klorin)karena efektivitas terbukti, ketersediaan, dan keterjangkauan.

Cara membersihkan tandon air dari lumut dan nyamuk

Langkah pertama adalah mengosongkan dan membersihkan tandon air dari luar. Gosok semua permukaan bagian dalam menggunakan campuran deterjen dan air panas.

Gunakan sikat bergagang untuk menghilangkan endapan, ganggang, korosi, atau biofilm. Penting juga untuk membersihkan dan membilas semua selang, pompa, dan pipa yang digunakan untuk mengisi dan mengosongkan tandon air.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.