Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Wastafel Dapur Bocor yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 28/11/2023, 19:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comWastafel dapur bocor menjadi masalah yang bisa dihadapi siapa saja. Masalah ini cukup merepotkan karena air pembuangan bisa mengalir ke penjuru ruangan.

Jika tidak segera diatasi, maka masalah ini akan semakin memburuk dan dapat merusak furnitur yang ada di dapur.

Namun, sebelum memperbaiki wastafel yang rusak, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Dilansir dari House Digest, Selasa (28/11/2023), berikut ini beberapa penyebab wastafel dapur bocor yang perlu diketahui.

Baca juga: 4 Material Wastafel Dapur yang Tahan Lama, Apa Saja?

Bocor dari saluran pembuangan

wastafel bocorShutterstock/Andrey_Popov wastafel bocor

Sebelum mengecek bagian lain, kamu perlu mengecek saluran pembuangan terlebih dahulu. Saluran pembuangan adalah lubang di dasar cekungan yang memungkinkan air mengalir.

Jika bagian ini rusak, maka wastafel akan bocor. Kerusakan saluran pembuangan bisa terjadi karena umur pakainya yang sudah lama.

Cara termudah untuk mengetahui ada atau tidaknya kebocoran dari saluran pembuangan yaitu dengan menutup saluran pembuangan dan mengisi wastafel dengan air.

Setelah penuh, cabun penutup saluran pembuangan dan cek bagian bawah wastafel. Jika ada air yang menetes, maka artinya bagian tersebut mengalami kebocoran.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengencangkan mur di bawahnya. Jika ragu-ragu, maka kamu bisa menghubungi tenaga ahli untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Baca juga: Mudah, Cara Membersihkan Noda Kuning di Wastafel Kamar Mandi

Kebocoran pada keran

Penyebab wastafel bocor lainnya yaitu karena ada kerusakan di keran. Masalah ini sebenarnya tidak menyebabkan air keluar dari wastafel.

Namun, bisa menyebabkan air hilang. Kerusakan ini terjadi saat keran sedang digunakan dan menyebabkan genangan di atas wastafel. Walaupun demikian, kebocoran ini juga bisa terjadi ketika keran tidak digunakan.

Sambungan pipa longgar

Wastafel dapur bocor juga bisa disebabkan oleh sambungan pipa yang longgar. Kondisi ini terjadi apabila pemasangan tidak benar.

Jika kebocoran dibiarkan, maka air bisa masuk ke lemari dapur dan menyebabkan furnitur tersebut rusak. Biasanya, perbaikan kebocoran ini melibatkan pengencangan titik penghubung.

Apabila masih terjadi kebocoran, kamu bisa menghubungi tukang leding untuk memperbaiki masalah tersebut.

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Dapur Komposit Hitam

wastafel dapur bocorShutterstock/Andrey_Popov wastafel dapur bocor

Tempat pembuangan sampah bocor

Saat ini ada jenis wastafel yang bisa digunakan untuk membuang sisa bahan makanan. Fungsi ini akan mempermudah kamu dalam membuang sampah organik.

Akan tetapi, tempat pembuangan sampah juga bisa mengalami kebocoran. Penyebabnya yaitu adanya kelonggaran pada segel flensa wastafel.

Kondisi tersebut terjadi saat segel terkikis atau kendur. Namun, saat saluran pembuangan sampah bocor dari sisinya, kemungkinan penyebabnya yaitu sambungan saluran pembuangan rusak.

Itulah beberapa penyebab wastafel dapur bocor. Jika menemukan kebocoran pada wastafel, sebaiknya segera mencari tahu penyebabnya dan memperbaikinya agar tidak menyebabkan masalah yang lebih parah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com