Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/10/2023, 13:17 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel menjadi tempat membersihkan berbagai makanan dan sayuran serta mencuci piring dan peralatan makan. 

Lantaran kegunaan tersebut dan penggunaan setiap harinya, hal ini dapat menyebabkan wastafel mengalami sejumlah masalah, salah satunya tersumbat.  

Baca juga: 7 Cara Membersihkan Wastafel Dapur Stainless Steel

Tanda wastafel yang tersumbat dapat dilihat dari air yang mengalir lambat, bahkan tidak mengalir sama sekali, dan mengeluarkan bau tak sedap. 

Meski demikian, wastafel yang tersumbat sering disepelekan karena dianggap bukan masalah besar di rumah.

Padahal, wastafel tersumbat dapat menjadi masalah besar secara perlahan jika tidak segera ditangani. Ini bisa menyebabkan kebocoran, banjir, serta bau tak sedap menyebar ke seluruh rumah.

Karena itu, penting segera mengatasi masalah wastafel tersumbat ini. Nah, dikutip dari Homes and Gardens, Rabu (4/10/2023), berikut lima cara mengatasi wastafel yang tersumbat, baik di kamar mandi maupun dapur. 

Baca juga: 8 Sisa Makanan Ini Tidak Boleh Dibuang ke Saluran Pembuangan Wastafel

Temukan penyebabnya

Ilustrasi wastafel dapur.Shutterstock/ben bryant Ilustrasi wastafel dapur.
Angela Rubin, pakar kebersihan dari Hellamaid—layanan pembersih rumah asal Kanada—mengatakan sebelum mengatasi wastafel terumbat, penting mengidentifikasi penyebabnya. 

Penyebab wastafel tersumbat bisa karena berbagai masalah, seperti penyumbatan pada pipa pembuangan dan penumpukan mineral.

Mulailah melepas sumbat wastafel untuk memeriksa saluran pembuangan. Jika melihat rambut, sisa makanan, atau benda-benda kecil lainnya yang tersumbat, segera membersihkannya.

Namun, apabila tidak melihat penyumbatan apa pun, cobalah menggunakan alat pembersih saluran air untuk mendorong penyumbatan keluar dari pipa pembuangan. 

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel agar Tetap Berkilau 

Bersihkan pusat penyumbatan

Rich Mullins, pendiri H2O Plumbing—layanan perawatan dan perbaikan pipa dan alat pemanas asal Amerika Serikat—mengatakan cara mengatasi wastafel yang tersumbat adalah membersihkan pusat penyumbatan.

Pusat penyumbatan adalah penyumbatan yang terjadi di dekat lubang pembuangan dan biasanya disebabkan rambut, sisa makanan, atau benda-benda kecil lainnya.

Untuk membersihkan bagian ini, gunakan sikat pembersih untuk menyikat kotoran yang terlihat dari saringan pembuangan, lalu cuci saringan pembuangan dengan air hangat dan sabun. 

Baca juga: 4 Barang yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Bawah Wastafel Dapur

Gunakan pembersih drain alami atau kimia

ilustrasi wastafel dapur berbahan marmer.Shutterstock/Jorge Salcedo ilustrasi wastafel dapur berbahan marmer.
Mark Morris, ahli tukang ledeng yang berkonsultasi dengan Deluxe Plumbers, mengatakan pembersih drain dapat membantu melarutkan atau memecah sisa penyumbatan di dalam pipa.

Pembersih drain alami lebih aman dan ramah lingkungan dibanding bahan kimia, tetapi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk bekerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com