Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menghilangkan Noda Karat pada Wastafel Porselen

Kompas.com - 20/05/2023, 12:33 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS. com - Porselen menjadi material yang banyak digunakan untuk wastafel, terlebih kamar mandi. Hal ini karena wastafel porselen memiliki tampilan elegan dan mudah dibersihkan.

Namun, noda karat dapat menempel pada wastafel porselen dan membuat tampilannya kurang menarik. Untungnya, ada sejumlah cara membersihkan noda karat pada wastafel proselen dengan menggunakan beberapa bahan rumahan.  

Dilansir dari Bond Cleaning In Adelaide, Sabtu (20/5/2023), berikut cara menghilangkan noda karat pada wastafel porselen.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel

Sabut gosok

Ilustrasi spons cuci piring.UNSPLASH/VOLODYMYR HRYSHCHENKO Ilustrasi spons cuci piring.
Jika noda karat pada permukaan wastafel porselen masih ringan, ini akan lebih mudah membersihkannya. Gunakan sabut gosok yang biasa digunakan di dapur.

Pilih sabut gosok yang dirancang khusus untuk menghilangkan noda membandel di bak mandi, toilet, dan wastafel. Tuangkan sedikit sabun cuci piring pada sabut gosok, lalu seka noda karat pada wastafel porselen hingga hilang.

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Porselen Pakai Baking Soda

Batu apung

Batu apung adalah pilihan lain yang bagus menghilangkan noda karat pada wastafel porselen. Coba gunakan penggosok batu apung yang diracang khusus untuk membersihkan wastafel porselen. 

Gosok noda dengan batu apung di bawah air yang mengalir guna mencegah goresan pada permukaan porselen. Gosokkan batu apung pada noda dengan lembut sampai noda hilang. 

Air perasan lemon dan garam

Campurkan garam dan air perasan lemon untuk membuat pasta, lalu oleskan pada noda. Kombinasi bahan-bahan alami ini dapat secara efektif mengikis noda karat.

Cara ini tidak ideal digunakan pada mangkuk kloset karena pasta akan hilang secara bertahap sebelum bekerja, tetapi Anda dapat menggunakannya pada wastafel dan bak mandi yang memiliki permukaan datar.

Setelah itu, barkan selama 15-20 menit, lalu gosok noda karat menggunakan sikat gigi.

Baca juga: Wastafel Porselen Vs Wastafel Stainless Steel, Mana yang Lebih Baik?

Air perasan lemon dan baking soda

Ilustrasi lemon.Shutterstock/Joshua Resnick Ilustrasi lemon.
Baking soda merupakan bahan abrasif alami yang sangat baik menghilangkan noda  membandel, termasuk wastafel porselen.

Caranya, buat pasta dari baking soda dan perasan air lemon, lalu oleskan pada noda karat, biarkan campuran menempel selama beberapa jam, dan gunakan kain mikrofiber untuk mengelap noda tersebut. Ulangi cara ini apabila noda karat masih ada pada wastafel porselen. 

Baking soda dan cuka

Baking soda dan cuka merupakan salah satu metode yang banyak digunakan untuk menghilangkan kotoran dan noda dari berbagai permukaan dapur serta kamar mandi, termasuk wastafel porselen. 

Caranya, taburkan baking soda pada noda karat dan pastikan noda tersebut tertutupi seluruhnya, lalu semprotkan cuka putih di atas baking soda, dan tunggu beberapa menit.

Kemudian, gunakan sikat gigi bekas atau penggosok untuk membersihkan bagian tersebut dan bilas permukaan hingga bersih.

Baca juga: 7 Manfaat Soda Kue untuk Tanaman Buah dan Sayuran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com