Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Ubin Porselen agar Tetap Bagus dan Tahan Lama

Kompas.com - 20/01/2023, 18:56 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terbuat dari tanah liat yang dibakar dengan tungku, ubin keramik atau porselen terkenal memiliki daya tahan dan kekuatan mumpuni. 

Istilah "porselen" tidak memiliki definisi standar. Porselen adalah nama yang diterapkan pada ubin yang terbuat dari tanah liat berwarna terang, ubin berkualitas tinggi, atau ubin yang dinilai tahan air. 

Baca juga: Ingin Menggunakan Ubin Porselen? Perhatikan 6 Hal Ini Dulu

Terlepas dari kategori porselen mana yang cocok untuk lantai rumah Anda, perawatan dan pemeliharaan yang dilakukan sama. Perawatan yang tepat dapat memperpanjang umur ubin porselen dan membuatnya selalu tampak baru.

Dilansir dari Home Guides SF Gates, Jumat (20/1/2023), berikut cara merawat ubin porselen agar tetap bagus dan tahan lama. 

Bersihkan tumpahan segera 

Ilustrasi ubin porselen.SHUTTERSTOCK/SERGEY RYZHOV Ilustrasi ubin porselen.
Ketika terjadi tumpahan, baik berasal dari makanan maupun minum, segera membersihkannya dari ubin porselen. Gunakan lap kering untuk menyeka dan menyerap tumpahan.

Membiarkan tumpahan terlalu lama dapat membuat ubin porselen menyerap warna cairan yang dapat membuat warna asli memudar seiring waktu. 

Baca juga: Ubin Keramik Vs Porselen, Mana yang Lebih Baik?

Sapu ubin

Melakukan pembersihan ubin porselen secara teratur tidak hanya membuat bersih, tapi juga membuat ubin lebih tahan lama.

Sapu ubin secara teratur dengan sapu berbulu lembut guna menghilangkan kotoran serta mencegah noda dan goresan yang timbul dari penggunaan ubin sehari-hari.

Gunakan detergen

Campurkan satu sendok makan detergen dalam tiga liter air hangat dan gunakan larutan tersebut untuk menghilangkan buih sabun, noda air, dan tanah dari ubin porselen. 

Untuk buih air keras, campur cuka dan air dengan perbandingan sama dan oleskan larutan dengan sabut gosok nilon untuk menghilangkan noda. 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Mengecat Ubin 

Oleskan pada bekas lecet

Celupkan lap putih ke dalam campuran pembersih detergen dan air, lalu oleskan pada bekas lecet yang ada pada ubin porselen sampai terangkat. 

Gunakan pemutih

Oleskan campuran 240 mililiter pemutih klorin yang diencerkan dengan satu liter air untuk menghilangkan noda jamur di lantai. Setelah itu, segera bersihkan campuran tersebut dari ubin porselen.  

Baca juga: Cara Memberesihkan Noda pada Ubin Tanpa Merusak Permukaan

Bilas bersih

Terakhir, bilas ubin porselen dengan air jernih setelah semua jenis pembersihan selesai dilakukan. Hindari membiarkan produk pembersih terlalu lama di ubin porsen karena bisa membuatnya terlihat kotor dan menyebabkan perubahan warna. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com