Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/01/2023, 14:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapati pakaian berbau apak saat mengeluarkan dari lemari tentu membuat jengkel, terlebih bila pakaian akan segera digunakan.

Bau apak pada pakaian tak lain disebabkan karena terlalu lama menyimpannya. Akibatnya, bau meresap ke dalam kain dan membuatnya tidak dapat dikenakan karena ada kemungkinan larva ngengat, tungau, dan jamur menempel pada pakaian. 

Baca juga: Simak, Ini 4 Cara Merapikan Lemari Pakaian

Namun, mencuci pakaian dengan mesin cuci dan menambahkan sejumlah detergen juga tidak ada gunanya. Setelah dicuci, pakaian masih tetap berbau apak.  

Langkah paling tepat adalah mengatasi masalah bau pada lemari pakaian dengan menyegarkannya.

Penyebab pakaian bau apak di dalam lemari

Ilustrasi lemari pakaian anak, Ilustrasi lemari pakaian.Shutterstock/Kostikova Natalia Ilustrasi lemari pakaian anak, Ilustrasi lemari pakaian.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi aroma pakaian di dalam lemari. Selain teknik pencucian yang tidak tepat dan pengeringan yang tidak sempurna, kondisi penyimpanan juga berperan dalam mempengaruhi bau pakaian di dalam lemari. 

Mulai dari, ukuran lemari, jumlah pakaian yang menumpuk, hingga kurangnya pembersihan secara menyeluruh juga berperan dalam retensi bau pada kain.

Selain itu, dinding dan sudut lemari yang mendapat pembersihan secara teratur dan menyeluruh merupakan habitat ideal untuk pertumbuhan jamur serta lumut.

Terlepas dari apakah kondisi lemari pakaian, sebaiknya menerapkan metode yang berkontribusi pada sirkulasi udara yang lebih baik. 

Dilansir Step to Health, Jumat (20/1/2023), berikut cara menghilangkan bau apak pada lemari pakaian.  

Baca juga: Cara Membersihkan Pakaian Berjamur Berdasarkan Jenis Kainnya

Minyak atsiri 

Ilustrasi essential oil, minyak esensial, minyak atsiri. PIXABAY/MONICORE Ilustrasi essential oil, minyak esensial, minyak atsiri.
Minyak atsiri dapat menghilangkan bau pada lemari pakaian sekaligus menyegarkannya. Anda menggunakan minyak atsiri dalam bentuk minyak esensial. 

Untuk memanfaatkannya, gunakan beberapa bola kapas atau bola wol, lalu tetesi dengan minya atsiri sebanyak lima tetes, dan letakkan bola kapas di setiap sudut lemari. 

Selaian minyak atsiri, Anda bisa menggunakan minyak esensial aroma, seperti cedar atau lavender, karena dapat mengusir bau dan ngengat. 

Baca juga: 6 Tips Feng Shui Lemari Pakaian untuk Hadirkan Energi Positif

Bersihkan lemari pakaian 

Membersihkan lemari menjadi salah satu cara menghilangkan bau apak pada lemari pakaian. Keluarkan semua pakaian yang ada di lemari, lalu sedot semua debu, dan semprotkan penetral bau. Ketika lemari pakaian sudah kering, Anda bisa memasukkan pakaian kembali. 

Sebaiknya, masukkan pakaian yang digunakan rutin ke lemari guna mengurangi bau karena terlalu banyak barang. Untuk pakaian musiman dan pesta, simpan di laci lain. 

Gunakan pengharum ruangan untuk mengharumkan dan menjaga kesegaran lemari dalam jangka lama.  

Baca juga: Kenapa Pakaian Berjamur? Ternyata Ini Penyebabnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com