Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Bangunan yang Kuat dan Tahan Lama untuk Rumah

Kompas.com - 20/05/2023, 09:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 10 tibu tahun lalu, manusia mulai membuat perubahan mendasar dalam cara hidupnya.

Perlahan-lahan beralih dari gaya hidup nomaden, manusia mulai tinggal di satu tempat untuk waktu lebih lama. Hal ini mungkin disebabkan berakhirnya zaman es terakhir yang menciptakan sumber daya lebih melimpah. 

Baca juga: 5 Tip Memilih Bahan Bangunan Berkualitas Tinggi untuk Rumah Aman dan Nyaman

Manusia tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mencari makanan dengan tinggal di tempat yang memiliki banyak makanan.

Seiring waktu, gaya hidup yang lebih mapan membawa beberapa tantangan. Alih-alih harus mencari gua untuk berlindung dari cuaca buruk, manusia mulai mencari bahan bangunan  guna membangun tempat tinggal yang tahan lama demi memenuhi kebutuhan yang terus berubah.

Evolusi arsitektur menjawab tantangan-tantangan tersebut, seperti apa bangunan-bangunan itu seharusnya dan bagaimana menggunakannya. 

Setidaknya, ada lima bahan yang diandalkan manusia untuk membangun rumah, gedung, rumah ibadah, dan berbagai jenis bangunan lainnya. Kelima bahan bangunan itu masih digunakan sampai sekarang karena dikenal tahan lama. 

Nah, dikutip dari How Stuff Works, Sabtu (20/5/2023), berikut lima bahan bangunan yang kuat dan tahan lama untuk rumah dan bangunan lainnya. 

Baca juga: Pentingnya Beralih ke Bangunan Cerdas dan Hijau 

Besi dan baja

Ilustrasi atap baja ringan, rangka atap baja ringan. SHUTTERSTOCK/PRANEE JIRAKITDACHAKUN Ilustrasi atap baja ringan, rangka atap baja ringan.
Begitu manusia mulai membangun ke atas, bahan bangunan yang lebih kuat menjadi penting untuk menopang struktur lebih tinggi.

Bangunan tinggi menempatkan banyak beban pada dinding penahan beban, semacam kerangka pendukung diperlukan untuk membawa beban.

Baja menjadi bahan bangunan yang kuat dan tahan lama. Baja dapat disematkan pada beton untuk memberikan dukungan atau menjadi fondasi itu sendiri.

Baja mudah dibuat secara prefabrikasi untuk pemasangan yang cepat dan mudah. Dapat dilas, dibaut, atau dipaku pada tempatnya.

Baja juga dapat didaur ulang hingga 100 persen serta pilihan bahan bangunan komersial yang relatif ekonomis, yang membuat terobosan dalam konstruksi perumahan. 

Munculnya teknologi baja memungkinkan manusia merancang dan membangun struktur lebih tinggi telah mengubah wajah arsitektur. 

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Bata Ringan Sebagai Bahan Bangunan

Beton 

Selanjutnya, bahan bangunan yang kuat dan tahan lama adalah beton. Ini adalah agregat yang terdiri atas sejumlah bahan, seperti batu dan pasir, yang dicampur dengan pengikat seperti semen dan air. Campuran tersebut kemudian dibiarkan mengering dan mengeras.

Beton adalah material fleksibel yang dapat dibentuk atau dituangkan ke dalam cetakan, dikeraskan, dan diangkut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com