Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Membuat Rumah Wangi Sepanjang Waktu

Kompas.com - 08/01/2024, 16:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah wangi akan membuat suasana hati lebih bahagia. Selain itu, rumah yang wangi juga akan terasa nyaman saat ditempati.

Aroma wangi bisa dihadirkan lewat pengharum ruangan. Namun, pengharum ruangan komersial tidak bisa membuat rumah wangi sepanjang waktu.

Dikutip dari Homes and Gardens, Senin (8/1/2024), berikut ini beberapa hal yang membuat rumah wangi sepanjang waktu agar mood meningkat.

Baca juga: 5 Cara Membuat Rumah Harum Sepanjang Hari

Tanaman hias

Ilustrasi tanaman di dalam ruanganShutterstock/FotoHelin Ilustrasi tanaman di dalam ruangan

Muffetta Krueger, pendiri Muffetta’s Domestic Assistants, mengatakan bahwa tanaman di dalam ruangan akan membuat kualitas udara lebih segar dan aromanya lebih menyenangkan.

Pilihlah bunga yang aromanya menarik seperti mawar, melati, atau lavender. Tempatkan bunga di lokasi strategis di seluruh rumah, seperti pintu masuk, meja kopi, atau meja samping tempat tidur.

Buat aroma terapi dari bahan alami

Hal yang membuat rumah wangi juga bisa menggunakan aroma terapi dari bahan alami. Cara membuatnya, cukup rebus irisan jeruk, batang kayu manis, dan herba seperti rosemary dalam air.

Rebusan bahan alami tersebut tak hanya mengeluarkan aroma harum, namun juga bisa membuat rumah terasa lebih tenang.

Baca juga: Cara Membuat Pengharum Ruangan Sendiri dengan Mudah

Minyak atsiri

Prerna Jain seorang pakar kebersihan menyatakan minyak atsiri bisa membuat rumah terasa harum sepanjang hari. Minyak atsiri bisa diteteskan di diffuser sebagai minyak esensial.

Selanjutnya, tempatkan diffuser di lokasi sentral, seperti ruang tamu atau lorong. Aroma dari diffuser akan langsung menyebar ke seluruh ruangan.Aroma minyak atsiri bisa disesuaikan dengan musim. Di musim panas, gunakan aroma segar seperti jeruk, sedangkan di musim hujan bisa menggunakan minyak atsiri beraroma kayu manis atau banila yang hangat dan nyaman.

Baca juga: Trik untuk Membuat Kamar Mandi Tetap Wangi Tanpa Pengharum Ruangan

Semprotkan campuran air dan minyak esensial ke seprai dan gorden

Menyemprotkan air dan minyak esensial ke seprai maupun gorden. Cara membuat larutan tersebut cukup dengan mencampurkan air dan minyak esensial beraroma harum ke dalam botol semprot.

Lalu, semprotkan ke permukaan kain seperti seprai dan gorden. Aroma tersebut akan menempel di kain tersebut dan membuat rumah harus sepanjang hari.

Soda kue

Baking sodaShutterstock Baking soda

Soda kue juga bisa menjadi salah satu hal yang membuat rumah wangi sepanjang waktu. Bahan pembersih ini bisa menghilangkan aroma tak sedap di area seperti dapur dan kamar mandi.

Caranya, isi mangkuk dengan soda kue, kemudian letakkan di sudut rumah. Selain itu, soda kue juga bisa diletakkan di dalam kulkas untuk menjaga agar kulkas tidak bau.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Tempat Sampah Pakai Soda Kue

Elizabeth Grace, seorang desainer interior, juga mengatakan soda kue bisa digunakan untuk menghilangkan bau di karpet, kasur, atau kain pelapis.

Caranya cukup menaburkan soda kue di atas permukaan karpet, kasur, atau kain lapis. Lalu, diamkan selama beberapa jam dan sedot menggunakan vacuum cleaner.

Selain itu, soda kue juga bisa ditaburkan di bawah tempat sampah untuk menetralkan bau tak sedap di tempat sampah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com