Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuang Minyak Goreng Bekas dengan Benar dan Aman

Kompas.com - 02/01/2024, 20:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak goreng bekas merupakan salah satu limbah rumah tangga yang selalu ada setiap hari. Limbah ini relatif sulit diolah kembali, sehingga banyak yang akhirnya membuang minyak goreng bekas begitu saja.

Namun, perlu diperhatikan bahwa membuang limbah minyak goreng tidak boleh sembarangan. Selain mencemari lingkungan, membuang limbah minyak goreng juga bisa merusak properti.

Baca juga: Jangan Buang Minyak Goreng Bekas di 3 Tempat Ini, Berbahaya

Misalnya, jika membuang limbah minyak goreng di wastafel, maka limbah tersebut bisa menempel di pipa wastafel dan membuat saluran pembuangan tersumbat.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara aman membuang minyak goreng bekas. Dikutip dari Southern Living, Selasa (2/1/2024), berikut cara membuang minyak goreng bekas dengan benar dan aman.

Buang ke tempat sampah

Minyak goreng bekas sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah sebelum dibuang agar tidak bercampur dengan sampah lainnya.SHUTTERSTOCK/Andri wahyudi Minyak goreng bekas sebaiknya dimasukkan ke dalam wadah sebelum dibuang agar tidak bercampur dengan sampah lainnya.

Cara pertama yang bisa dipilih yaitu membuang ke tempat sampah. Namun, pastikan minyak dalam kondisi suhu ruang agar wadah plastik tidak meleleh.

Selain itu, minyak yang panas juga bisa menarik hewan ke tempat sama, sehingga perlu dihindari.

Baca juga: Cara Membuang Minyak Goreng Bekas agar Tak Menyumbat Saluran Air

Setelah minyak goreng dingin, gunakan corong dan tuangkan minyak goreng ke dalam kaleng logam atau wadah plastik, seperti kantong susu atau botol minyak goreng.

Lalu, tutup rapat dan masukkan wadah berisi minyak goreng bekas ke dalam tempat sampah.

Selain membuang dalam bentuk cair, minyak goreng bekas juga bisa dipadatkan terlebih dahulu sebelum dibuang. Caranya dengan mencampurkan minyak goreng dengan bahan penyerap. Misalnya, tambahkan minyak ke pasir, tepung, atau kotoran kucing.

Serahkan ke tempat daur ulang limbah

Selain membuang ke tempat sampah, cara membuang minyak goreng bekas juga bisa dengan menyerahkannya ke tempat daur ulang limbah.

Mereka memiliki metode sendiri untuk mengolah berbagai limbah, termasuk limbah minyak goreng.

Baca juga: Cara Tepat Membuang Minyak Goreng Bekas, Bukan ke Bak Cuci Piring

Kumpulkan minyak goreng bekas ke dalam botol atau jerigen. Setelah penuh, antarkan ke tempat daur ulang limbah.

Kurangi penggunaan minyak goreng untuk memasak

Jika memungkinkan, sebaiknya kurangi penggunaan minyak goreng saat memasak. Tujuannya agar tidak terlalu banyak limbah minyak goreng yang dibuang.

Sebagai gantinya, gunakan air fryer saat menggoreng makanan karena alat memasak ini bisa membuat makanan renyah meski tanpa minyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com