Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Memanfaatkan Kertas Kado Bekas Hadiah Natal, Jangan Langsung Buang

Kompas.com - 27/12/2023, 22:43 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Perayaan Natal identik dengan tradisi saling memberikan hadiah, baik antar keluarga, sahabat, pasangan, ataupun kolega. 

Setelah perayaan berakhir, kertas kado yang digunakan untuk membungkus hadiah Natal, bisa menjadi sampah. Daripada langsung dibuang, kertas pembungkus bekas tersebut bisa dimanfaatkan kembali. 

Baca juga: Kucing Memakan Kertas, Amankah?

Misalnya, dipakai untuk menjadi kumpulan kertas pelindung ornamen yang rapuh, atau untuk menjadi kertas-kertas kejutan di kado berikutnya. 

Dilansir dari sejumlah sumber, Selasa (26/12/2023), berikut beberapa cara menggunakan kembali kertas kado bekas hadiah Natal. 

1. Dekorasi dari kertas

Meski banyak kertas kado bertema Natal mungkin terlihat tidak berguna, bahan ini bisa digunakan untuk dekorasi pesta Natal di tahun depan.

Kamu bisa membuat rantai kertas dan ornamen pohon yang sangat mudah dari kertas kado. Untuk rantai berbentuk orang, misalnya, kamu bisa melipat-lipat beberapa kertas, membentuk pola, lalu memotong menjadi potongan-potongan yang rapi. 

2. Patung dari bubur kertas

Kalau kamu senang berkreasi, kertas kado bekas dapat dihancurkan dan diubah menjadi bubur kertas. Untuk proses selengkapnya bisa dilihat melalui video-video di media sosial. 

Gunakan kapur untuk membentuk garis atau titik pada kertas kado.Livspace Gunakan kapur untuk membentuk garis atau titik pada kertas kado.
Bahan tersebut nantinya dapat dibentuk sesuka hati, misalnya membuat patung hewan atau miniatur bangunan. Bisa juga menjadi bunga dan hiasan lainnya. 

Setelah kering, bubur kertas akan menjadi lebih padat dan mempertahankan bentuk yang sudah dibuat. Selanjutnya, kamu dapat mewarnai atau menghias patung dari bubur kertas agar terlihat lebih menarik.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menyimpan Ornamen Natal agar Tahan Lama

3. Melindungi ornamen yang rapuh

Jika kamu memiliki banyak sisa kertas kado yang tidak bisa lagi digunakan untuk kerajinan baru, kamu dapat menyimpannya untuk melindungi barang yang ada di rumah.

Kamu bisa memotong-motong kertas kado bekas itu atau meremasnya menjadi gulungan berukuran tertentu. Lalu, gunakan sebagai bahan bantalan di kotak penyimpanan barang yang rapuh. 

Selanjutnya, kamu tinggal mengisi kotak atau wadah dan tempatkan pernak-pernik rapuh, ornamen kaca, atau dekorasi halus lainnya, yang direncanakan untuk disimpan dalam waktu cukup lama.

Pelindung ornamen rapuh ini juga berguna jika kamu ingin memberikan hadiah berisi barang pecah belah pada seseorang yang tinggal cukup jauh. Bahan-bahan kertas tersebut dapat lumayan melindungi kota kado tersebut agar selamat sampai ke pemiliknya. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com