Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menjaga Kebersihan Rumah Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 22/12/2023, 15:22 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Libur Natal dan tahun baru menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah. Meski menyenangkan, menghabiskan waktu liburan di rumah bisa membuat rumah lebih berantakan dibandingkan hari biasa.

Rumah yang berantakan bisa mengurangi rasa nyaman. Maka dari itu, penting untuk tetap menjaga kebersihan dan kerapian rumah selama libur Natal dan tahun baru, meski sedang berlibur.

Dikutip dari Apartment Therapy, Jumat (22/12/2023), berikut ini beberapa tips menjaga kebersihan rumah selama libur Natal dan tahun baru.

Baca juga: Tips Menjaga Kebersihan Rumah Selama Musim Hujan

Rapikan peralatan masak setelah digunakan

Ilustrasi membersihkan rumah, mengepel lantai.SHUTTERSTOCK/PBXSTUDIO Ilustrasi membersihkan rumah, mengepel lantai.

Memasak menjadi salah satu aktivitas menyenangkan selama liburan. Namun, aktivitas ini bisa membuat dapur menjadi berantakan.

Dapur yang berantakan akan membuat rumah terlihat tidak nyaman dan dapat mengganggu suasana libur Natal dan tahun baru. Oleh karena itu, setelah memasak segeralah untuk merapikan peralatan masak agar tidak menyebabkan kekacauan di dapur.

Singkirkan dekorasi Natal yang rusak

Saat Natal biasanya terdapat banyak dekorasi Natal yang dipasang. Namun, tak semua dekorasi Natal berkondisi baik sampai akhir tahun.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Kebersihan Rumah Saat Musim Hujan

Terkadang ada dekorasi Natal yang rusak sebelum Natal usai. Selain itu, adanya hewan peliharaan di rumah juga terkadang membuat dekorasi Natal cepat rusak akibat digunakan untuk bermain hewan peliharaan.

Dekorasi Natal yang rusak perlu disingkirkan agar tidak mengganggu tampilan rumah. Selain itu, dekorasi Natal yang rusak juga bisa membuat rumah terlihat tidak rapi, sehingga perlu segera dibuang.

Masukkan selimut kotor ke mesin cuci

Tips menjaga kebersihan rumah selama libur natal dan tahun baru lainnya yaitu memasukkan selimut kotor ke dalam mesin cuci.

Sebab, biasanya saat libur Natal dan tahun baru, biasanya banyak keluarga yang menginap. Hal ini membuat penggunaan selimut di rumah lebih banyak dibandingkan hari biasa.

Maka dari itu, untuk menjaga agar rumah tetap rapi dan bersih, jangan lupa untuk segera mencuci selimut dalam mesin cuci.

Baca juga: Cara Mencuci Selimut Bulu Halus agar Tidak Menjadi Kasar

Rutin menata kulkas

Saat liburan, biasanya persediaan makanan dan minuman dalam kulkas lebih banyak. Banyaknya makanan dan minuman yang disimpan membuat kulkas lebih berantakan.

Untuk menjaga agar kulkas tetap rapi selama musim liburan, maka rutinlah mengecek kondisi kulkas. Tidak perlu membersihkan kulkas secara menyeluruh, cukup rapikan makanan dan minuman yang disimpan serta buang makanan maupun minuman sisa yang sudah tidak layak konsumsi.

Bersihkan karpet

membersihkan karpet buluShutterstock/New Africa membersihkan karpet bulu

Aktivitas tinggi di ruang keluarga maupun ruang tamu membuat karpet di ruangan tersebut lebih cepat kotor.

Untuk menjaga kenyamanan dan kebersihan, rutinlah untuk membersihkan karpet menggunakan vacuum cleaner. Kegiatan pembersihan ini cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak waktu.

Baca juga: Cara Membersihkan Karpet Bulu dengan Mudah

Nah, itulah beberapa tips menjaga kebersihan rumah selama libur natal dan tahun baru. Dengan menjaga kebersihan dan kerapian rumah, maka liburan Natal dan tahun baru semakin menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com