Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2023, 10:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lampu Natal menambah kilauan, warna, dan cahaya di rumah pada perayaan natal dan musim liburan.

Namun, memperkirakan jumlah lampu Natal yang dibutuhkan untuk mendekorasi rumah bisa jadi sulit. Atap rumah, kolom, puncak, jendela, dan fitur arsitektur lainnya terlalu besar untuk dihitung dengan mudah.

Namun, ada beberapa aturan praktis dan panduan yang dapat membantu Anda membeli jumlah lampu Natal yang tepat untuk menghindari kekosongan atau membebani rumah dengan terlalu banyak lampu Natal. 

Baca juga: Lampu Natal LED Vs Lampu Pijar, Mana yang Lebih Baik?

Jumlah lampu Natal untuk kebanyakan rumah

Ilustrasi lampu Natal.Shutterstock/J.J. Gouin Ilustrasi lampu Natal.
Jika ingin lampu Natal di rumah dipajang dengan cara klasik, seperti di atas fasia atap, belilah yang berikut ini. Dilansir dari The Spruce, Minggu (17/12/2023), berikut jumalah lampu Natal yang dibutuhkan untuk mendekorasi rumah. 

  • Untuk bagian depan saja

Gunakan dua untai lampu Natal mini berukuran 9,7 meter dengan total 200 lampu Natal, baik untuk rumah berukuran sedang maupun kecil.

Jika Anda lebih memilih lampu C9 dengan bohlam lebih besar dengan panjang 4,8 meter gandakan jumlah untaiannya. Jadi, Anda akan menggunakan empat untai lampu C9 dengan total 100 lampu Natal. 

Untaian C9 hadir dengan seperempat hingga setengah dari jumlah bohlam lampu mini, tergantung panjangnya. Meski jumlahnya lebih sedikit, lampu C9 jauh lebih terang daripada lampu Natal mini. 

Baca juga: Tanpa Paku, Ini 5 Cara Memasang Lampu Natal di Jendela

  • Untuk bagian depan dan dua sisi

Rumah biasa: Gunakan empat untai lampu mini 9,7 meter, ditambah dua untai lampu mini 4,2 meter dengan total 500 lampu Natal. Untuk lampu C9, Anda bisa menggunakan 10 untai lampu sepanjang 4,8 meter.

Rumah Kecil: Gunakan empat untai lampu mini sepanjang 9,7 meter dengan total 400 lampu. Untuk lampu C9, gunakan tujuh untaian sepanjang 4,8 meter.

  • Proyeksi besar

Ilustrasi memasang lampu Natal di jendela luar rumah.Shutterstock/Ryzhkov Oleksandr Ilustrasi memasang lampu Natal di jendela luar rumah.
Jika bagian depan atau samping memiliki detail arsitektur yang besar seperti tenda, kubah, dan atap pelana, tambahkan 3 meter per detail.

Sebuah rumah yang baru dibangun berukuran rata-rata sekitar 213 meter persegi. Rumah kecil kira-kira setengahnya, 111 meter persegi.

Untuk kedua rumah, panjang bagian depan dihitung 15 meter linier. Untuk rumah kecil, setiap sisi diasumsikan berukuran 7,3 meter linier. Untuk rumah berukuran sedang, setiap sisi diasumsikan berukuran 14 meter linier.  

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Dapur untuk Menyambut Natal, Meriah dan Nyaman

Cara menghitung jumlah lampu Natal yang dibutuhkan

Hitung jumlah lampu Natal yang dibutuhkan untuk mendekorasi rumah dengan terlebih dulu mengukur rumah, lalu tambahkan fitur luar ruangan. Berikut caranya. 

1. Ukur panjang bagian depan rumah, yaitu lebar rumah jika Anda melihatnya dari jalan. Gunakan alat pengukur laser atau meteran.

2. Jika ingin menutupi sisi kiri dan kanan, ukurlah juga. Bagian belakang rumah biasanya tidak tertutup, tetapi Anda dapat memutuskan untuk melakukan ini untuk menambah keceriaan liburan di dek, teras, atau halaman belakang rumah.

3. Jika ingin menutupi bagian atas puncak atap berbentuk segitiga (rasio kemiringan 4:12), panjangnya adalah 8 meter untuk setiap puncak.

4. Ini didasarkan pada rumah dengan panjang 7,5 meter di bagian samping.
Pilih jumlah fitur luar ruangan yang diinginkan dan tambahkan semuanya. 

5. Tambahkan satu atau dua kaki ke semua pengukuran lampu untai (bukan bersih). Panjang lampu Natal dinyatakan dalam dua angka, yakni panjang untaian dan panjang yang menyala.

Panjang yang menyala selalu sekitar 30 sentimeter lebih kecil dari panjang untaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com