Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Desain Biofilik untuk Menciptakan Rumah Ramah Lingkungan

Kompas.com - 27/12/2023, 13:55 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Home Crux


JAKARTA, KOMPAS.com - Desain biofilik menjadi salah satu konsep interior rumah yang banyak disukai. Konsep biofilik berasal dari istilah biophilia yang mengacu pada kecenderungan manusia berinteraksi dengan kehidupan lain.

Dalam hal desain, konsep biofilik berarti menciptakan harmoni antara rumah dengan lingkungan di luar rumah.

Baca juga: Diprediksi Populer, Ini 4 Ide Memasukkan Desain Biofilik ke Rumah

Melansir dari Home Crux, Rabu (27/12/2023), desain interior biofilik bertujuan untuk menciptakan lingkungan hidup yang membawa pemilik rumah lebih dekat dengan alam sekitar sekaligus membuat rumah lebih sehat dan bahagia.

Prinsip desain biofilik yaitu menggunakan bahan-bahan alami seperti bambu, rotan, maupun katun. Sementara itu, warna-warna yang digunakan yaitu warna alami, warna tanah, dan warna netral.

Jika tertarik menghadirkan desain biofilik di rumah, berikut beberapa ide desain biofilik yang bisa menciptakan rumah ramah lingkungan.

Baca juga: 6 Tren Desain Rumah yang Akan Kembali Populer pada 2024

Biarkan cahaya dan udara masuk ke dalam rumah

Ilustrasi jendela. SHUTTERSTOCK/BRIZMAKER Ilustrasi jendela.

Salah satu prinsip dasar desain biofilik yaitu membiarkan alam terhubung dengan kehidupan sehari-hari. Cara termudahnya yaitu dengan membiarkan cahaya dan udara masuk ke dalam rumah.

Maka dari itu, penting untuk membuat jendela di rumah berkonsep biofilik. Jendela perlu rutin dibuka agar udara dan cahaya masuk ke dalam rumah.

Cahaya yang masuk kedalam rumah juga bisa membuat rumah lebih terang dan luas. Sedangkan udara yang masuk bisa membuat suasana dalam rumah terasa lebih segar.

Baca juga: 4 Manfaat Jendela Kamar Tidur yang Tidak Boleh Disepelekan

Hadirkan warna yang terinspirasi dari alam

Ide desain biofilik lainnya yaitu menggunakan warna yang terinspirasi dari alam. Misalnya, warna biru langit, warna hijau, dan warna cokelat.

Warna yang terinspirasi dari alam ini bisa memberikan kesan alami, segar, dan elegan. Warna-warna alami juga bisa membuat rumah terlihat lebih cantik.

Letakkan tanaman hias

Suasana alam juga bisa dihadirkan lewat tanaman hias yang dapat diletakkan di berbagai sudut rumah. Letakkan tanaman hias yang beragam agar suasana rumah semakin asri.

Jika tidak memiliki waktu lebih untuk merawat tanaman hias, maka pilihlah tanaman hias yang minim perawatan agar tidak merepotkan.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Dapat Membersihkan Udara di Dalam Ruangan

Hadirkan ornamen dekorasi bernuansa air

Ilustrasi air mancur di dalam ruang tamuShutterstock Ilustrasi air mancur di dalam ruang tamu

Ornamen dekorasi bernuansa air seperti air terjun mini atau akuarium juga bisa ditampilkan pada rumah berdesain biofilik.

Air yang mengalir tak hanya membuat tampilan rumah lebih cantik, namun juga bisa membuat pikiran dan suasana hati lebih tenang.

Jika tidak ingin terlihat membosankan, letakkan juga tanaman di sekitar air mancur mini atau gunakan akuarium besar yang diisi berbagai ikan warna-warni.

Baca juga: Manfaat Air Mancur di Rumah Menurut Feng Shui, Hadirkan Kekayaan

Tampilkan motif daun

Terakhir, ide desain biofilik yaitu menghadirkan motif daun di perlengkapan rumah seperti seprai, selimut, gorden, maupun wallpaper dinding.

Motif daun akan membuat rumah terlihat meriah dengan tetap mengedepankan unsur alami. Padukan motif dedaunan dengan warna hijau dan putih yang lembut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com