Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Desain Rumah yang Ideal untuk Keluarga Muda

Kompas.com - 08/12/2022, 22:35 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat mendesain rumah, beberapa orang akan mencari berbagai  referensi desain dari majalah, artikel, atau konsultasi dengan desainer interior atau arsitektur.

Namun, terkadang referensi yang didapat kurang cocok untuk diterapkan, terutama bagi keluarga muda yang memiliki anak kecil.

Baca juga: Apa Itu Desain Rumah Skandinavia dan Mengapa Digemari?

Co-founder sekaligus CEO @parentalk.id, Nucha Bachri, mengatakan ada desain rumah yang mungkin cocok diterapkan keluarga muda.

“Rumah yang ideal untuk keluarga itu gabungan dari karakter suami dan istri di rumah. Bisa mengakomodir kepentingan masing-masing,” terangnya dalam media talkshow ACE Hardware bertajuk “Instantly Upgrade Your Home”, di mal Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (8/12/2022).

Nucha melanjutkan, ketika pandemi Covid-19 berlangsung, banyak masyarakat bekerja di rumah. Bagi yang tidak memiliki cukup ruang, mereka harus bekerja di mana pun yang dirasa cukup memadai, misalnya meja makan.

Baca juga: 6 Cara Menata Ruang Kerja untuk Mendorong Kesuksesan Menurut Feng Shui

Ilustrasi ruang kerja di rumah Unsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang kerja di rumah

Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, menurutnya keluarga muda yang kini lebih banyak bekerja dari rumah perlu menghadirkan ruang kerja sendiri agar terasa nyaman.

Sementara anak-anak, menurutnya, dapat merasa kurang nyaman jika harus belajar di kamar tidur yang kurang siap mengakomodasi kegiatan sekolah dari rumah.

Nucha menjelaskan, perasaan kurang nyaman dapat hadir jika kamar tidur anak tidak disiapkan dengan baik seperti menghadirkan meja belajar.

“Sekarang, rumah yang ideal itu yang bisa mengakomodir kepentingan (setiap penghuni rumah),” ujarnya. 

Baca juga: Sambut Natal, Ini 6 Cara Membuat Rumah Terasa Nyaman dan Mengundang

Ciptakan lingkungan yang ramah anak

Berbicara tentang anak-anak, Nucha mengatakan keluarga muda juga harus memperhatikan keamanan dan keselamatan si kecil, misalnya perihal tangga.

“Banyak rumah yang dihuni keluarga muda saat ini kurang ramah anak seperti tangganya terlalu curam. Seharusnya agak landai,” ujarnya. 

Selanjutnya, setiap tiang penyangga pegangan tangga juga diusahakan tidak terlalu lebar, tetapi cukup berdempetan untuk mencegah anak melewatinya dan terjatuh dari tangga.

Pilihan lantai rumah secara keseluruhan pun harus diperhatikan agar tidak licin. Untuk furnitur di kamar tidur anak, pastikan mudah dijangkau dan digunakan anak.

Baca juga: Ahli Ungkap Pentingnya Memiliki Rumah Ramah Anak

Jangan lupa kamar tidur pekerja di rumah

Ilustrasi ruang belajarFREEPIK.COM/VECTORPOCKET Ilustrasi ruang belajar

Ada beberapa keluarga muda yang menggunakan jasa seperti perawat bayi atau asisten rumah tangga untuk membantu mengurus pekerjaan di rumah. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com