Kompas.com - 19/01/2022, 07:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski saat ini harus menghabiskan sebagian besar waktu di dalam ruangan, keinginan untuk terhubung dengan alam telah menjadi DNA manusia.

Bagi nenek moyang manusia, alam adalah sumber makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kebutuhan dasar lainnya. 

Baca juga: 7 Hal yang Dapat Menjadi Sumber Bau Tak Sedap di Dalam Rumah

Namun, ribuan tahun kemudian, kebutuhan manusia dapat dengan mudah dipenuhi tanpa harus mencari makan dengan cara berburu, tetapi tarikan ke alam bebas ini tetap tertanam dalam jiwa manusia.

Tantangannya saat ini adalah mencari cara memasukkan alam ke kehidupan manusia yang sebagian besar di dalam ruangan. Di situlah, desain biofilik masuk. 

Melansir dari Better Homes and Gardens, Rabu (19/1/2022) konsep biofilik berasal dari istilah biophilia, yang mengacu pada kecenderungan manusia untuk berinteraksi dengan bentuk kehidupan lain.

Dalam desain, hal itu berarti menciptakan rasa harmoni antara rumah dan dunia luar. Ini adalah salah satu tren desain interior terbesar tahun ini. 

Baca juga: 5 Tren Desain Interior yang Bakal Hits pada 2022 Menurut Para Ahli

Dalam laporan tren 2022 Pinterest, desain biofilik mencatat lonjakan signifikan dalam minat pencarian untuk istilah tersebut.

Itu adalah kata kunci yang akan Anda dengar berulang kali dari para ahli di seluruh industri desain.

Setelah dua tahun mengalami isolasi dan kecemasan akibat pandemi, menciptakan ruang yang menenangkan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan manusia menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Untuk memperkenalkan tren yang berfokus pada alam ini ke ruangan, berikut ide-ide memasukkan desain biofilik ke rumah. 

Baca juga: 4 Ide Desain untuk Menciptakan Ruang Makan yang Menawan 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.