Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2023, 14:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comLavender menjadi salah satu warna populer di tahun ini. Lavender merupakan warna ungu lembut yang membuat tampilannya terlihat sangat cantik.

Warna lavender banyak disukai karena menawarkan suasana baru yang segar. Banyak orang menggunakan warna ini di berbagai ruangan untuk mendapatkan tampilan yang tidak biasa.

Baca juga: 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Dinding Berwarna Lavender

Sementara itu, Kevan Sawyers, pimpinan Sawyers Design mengatakan warna lavender yang terang bisa membangkitkan semangat. Selain itu, warna lavender juga memberikan kesan bersih pada ruangan.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Senin (18/12/2023), berikut ini ide dekorasi rumah dengan warna lavender.

Padukaan dengan warna netral

ilustrasi perpaduan warna lavender dengan warna netralShutterstock/Pixel-Shot ilustrasi perpaduan warna lavender dengan warna netral

Lavender termasuk warna yang pucat dan bisa memberikan sentuhan halus di dalam ruangan. Warna lavender dengan rona dasar abu-abu bisa dipadukan dengan beberapa warna lain, seperti biru tua, arang, dan putih.

Andrea Magno, direktur pemasaran dan pengembangan di Benjamin Moore mengatakan memadukan warna lavender dengan warna lain bisa membuat ruangan lebih segar dan tidak ketinggalan zaman.

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Kamar Mandi dengan Warna Ungu

Kombinasikan dengan warna pelengkap

Selain memadukan dengan warna yang netral, warna lavender juga bisa dipadukan dengan warna pelengkap. Warna cerah yang cocok melengkapi warna lavender yaitu kuning.

Jadi, tambahkanlah aksen pada ruangan berwarna lavender dengan warna kuning untuk mendapatkan kontras dan tampilan yang lebih berani.

Contohnya, letakkan sofa berwarna kuning mustard di ruangan berdinding lavender. Sofa tersebut akan memberikan kesan mencolok tanpa mengurangi keindahan warna lavender.

Hindari pola yang berlebihan

Lavender termasuk warna yang halus. Anne Hindley, direktur dan arsitek utama di Hindley & Co mengatakan pola yang terlalu rumit seperti motif bunga sebaiknya tidak digunakan bersama dengan warna lavender.

Sebaliknya, gunakan teknik pemblokiran warna untuk menampilkan warna polos yang luas dan tampilan yang lebih segar.

Baca juga: 11 Ide Dekorasi Kamar Tidur Warna Ungu, Elegan dan Menenangkan

Mengecat seluruh ruangan dengan warna lavender

Ide dekorasi rumah dengan warna lavender selanjutnya yaitu mengecat seluruh ruangan dengan warna lavender.

Tak hanya digunakan pada dinding, warna lavender juga bisa digunakan untuk mengecat pintu, kusen jendela, dan area lainnya.

Cara ini cocok untuk ruangan sempit karena lavender termasuk warna pucat, sehingga akan membuat ruangan terlihat lebih luas.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com