Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Menyembunyikan TV di Ruang Keluarga Saat Tidak Menyala

Kompas.com - 14/12/2023, 09:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Televisi (TV) menjadi peralatan elektronik yang hampir dimiliki setiap rumah. TV masih menjadi sumber informasi dan hiburan di beberapa rumah saat ini.

Namun, tidak semua orang ingin menatap layar hitam besar saat TV tidak menyala atau menonton. Untungnya, menyembunyikan TV di tempat yang terlihat jelas lebih mudah (dan lebih bergaya) daripada yang Anda bayangkan. 

Baca juga: Berapa Seharusnya Ketinggian Pemasangan TV di Ruangan? Ini Aturannya

Para desainer telah menemukan banyak solusi kreatif menyembunyikan TV di ruangan. Pendekatan cerdas ini tetap mengutamakan estetika tanpa mengorbankan fungsi.

Jadi, kapan pun Anda ingin menonton acara favorit atau menjamu teman untuk menonton film pada malam hari, Anda dapat melakukannya dalam hitungan detik tanpa perlu persiapan besar. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (14/12/2023), berikut sejumlah ide menyembunyikan TV di ruang keluarga

Rancang kabinet khusus

Ilustrasi TV di ruang keluarga.Shutterstock/Serhii Savchenko Ilustrasi TV di ruang keluarga.
Ashley Hanley, pendiri dan desainer interior di Ashley Hanley, menjelaskan bahwa kliennya ingin ruang keluarga mereka berfungsi baik sebagai ruang untuk kumpul-kumpul yang lebih formal dan tempat bersantai di depan TV.

Selain itu, Hanley mencatat ruangan ini terhubung ke area pintu masuk, ruang makan, dan dapur. Namun, tidak ingin TV terlihat dari semua ruang yang berbeda ini.

Pada saat bersamaan, dinding di atas perapian adalah tempat ideal untuk memasang TV. Hanley ingin memanfaatkan ruang terbuka.

Jadi, sang desainer meminta tukang kayunya untuk membuatkan lemari khusus dengan pintu bergaya akordeon lengkap yang menampilkan cetakan dekoratif untuk menyembunyikan TV saat tidak digunakan.   

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Tempat Terbaik Meletakkan TV di Kamar Tidur

Tutupi TV dengan layar panel khusus

Selanjutnya, ide menyembunyikan TV di ruang keluarga adalah menutupi dengan layar panel khusus.

Chad Graci, desainer interior dan pendiri Graci Interiors, mengatakan memilih untuk memasukkan TV ke ruang tamu formal, memilih layar panel khusus dengan karya seni yang menggantung di atasnya untuk menyembunyikan layar.

"Dengan cara ini, saat ditutup, sketsa terlihat seperti kisi-kisi tumbuhan. Untuk menggunakan TV, cukup buka pintunya dan lipat kembali," ucapnya. 

Gantungkan kain di atas TV 

Ilustrasi TV di ruang keluarga.UNSPLASH/LYNN VDBR Ilustrasi TV di ruang keluarga.
Melissa Benham, pendiri Studio Gild, menggantungkan kain di atas TV untuk menyembunyikan TV saat tidak digunakan. "Ini mencerminkan palet lanskap alam di sekitarnya," katanya.

Benham juga mengubah kain tersebut menjadi tirai yang dapat dioperasikan, lengkap dengan tarikan manual, yang membuat akses ke layar televisi menjadi sangat mudah. 

Baca juga: Penyebab Layar TV Bergaris dan Cara Memperbaikinya

Menggunakan tirai

Menggunakan tirai juga menjadi ide menyembunyikan TV di ruang keluarga. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com