Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Dinding Belakang TV agar Terlihat Menarik

Kompas.com - 09/09/2023, 18:35 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Televisi (TV) dapat ditempatkan di ruangan dengan berbagai cara, baik menggunakan rak, kabinet, maupun menggantungnya di dinding.

Tak jarang, dinding di belakang TV dibiarkan kosong sehingga tampak kurang menarik.

Baca juga: 6 Tips Dekorasi Dinding untuk Area Belakang TV agar Lebih Estetik

Untuk menyegarkan tampilan dinding di belakang TV, Anda dapat menambahkan berbagai dekorasi, seperti membuat dinding aksen, dinding galeri, dan menambahkan aksesori guna membuat titik fokus ruangan tampak lebih menarik.

Untuk memudahkan menentukan dekorasi yang sesuai, berikut sejumlah cara mendekorasi dinding belakang TV dikutip dari House Digest, Sabtu (9/9/2023).

Tambahkan warna

Ilustrasi TV di ruang keluarga.Shutterstock/Serhii Savchenko Ilustrasi TV di ruang keluarga.
Jadikan dinding belakang TV sebagai dinding aksen. Warna hijau atau biru tua akan membuat dinding tampak menarik dan tidak membuat TV terkesan "menghilang" ke latar belakang.

Warna-warna netral, seperti coklat dan abu-abu, juga bisa menjadi piilhan. Warna-warna ini berpadu baik dengan warna hitam yang kemungkinan besar akan muncul pada TV layar datar.

Warna-warna tersebut cocok jika Anda ingin TV terlihat menonjol dengan latar belakangnya. Pilih warna-warna cerah untuk menciptakan kontras indah antara TV dan dinding serta membuat ruangan lebih hidup.

Aqua, ungu, dan kuning bisa menjadi pilihan warna yang cocok untuk dinding di belakang TV.

Baca juga: 10 Ide Mendekorasi Dinding Belakang TV

Aksesori

Selanjutnya, cara mendekorasi dinding belakang TV adalah menggunakan aksesori. Pasang rak gantung dan tempatkan aksesori yang dipilih dengan baik. Anda juga dapat menambahkan tanaman kecil dalam pot.

Bisa pula menempatkan tanaman palem dalam pot di kedua sisi TV yang terpasang di dinding serta membuat tampilan menarik.

Baik disusun dalam pot maupun vas, tanaman menjadi cara mendekorasi dinding belakang TV serta memperindah tampilan ruangan.

Jika belum terbiasa merawat tanaman hias, tanaman palsu yang tampak realistis bisa menjadi pilihan. Mengelilingi TV hitam dengan tanaman atau bunga cerah akan membuat tampilan lebih hidup.

Baca juga: 3 Tips Memilih Wallpaper Dinding untuk Ruang Tamu  

Dinding galeri

Dinding belakang TV adalah pilihan bagus untuk membuat dinding galeri. Dengan cara ini, Anda bisa menjadikan TV sebagai bagian dari pajangan.

Hal ini bekerja sangat baik jika memiliki TV layar datar yang dipasang pada dinding dan menampilkan seni digital saat tidak menonton TV.

Untuk menciptakan keserasian, gunakan gambar atau foto bertema khusus serta pilih bingkai dan ukuran serupa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com