Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Monitor Komputer yang Ada di Ruang Kerja

Kompas.com - 09/12/2023, 22:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.comKomputer menjadi peralatan elektronik yang ada di ruang kerja. Semakin sering komputer digunakan, maka komputer semakin cepat kotor.

Bagian yang komputer yang mudah kotor yaitu monitor. Layar monitor yang kotor akan membuat layar komputer buram dan mengganggu penglihatan saat dinyalakan.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Membersihkan Keyboard Komputer

Monitor kotor bisa disebabkan oleh debu, sidik jari, noda, maupun cipratan makanan dan minuman. Apabila mendapati monitor komputer kotor, maka segeralah untuk membersihkannya.

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (9/12/2023), berikut ini cara membersihkan monitor komputer dengan benar agar tidak rusak.

Seberapa sering monitor komputer perlu dibersihkan?

mengelap monitor komputerShutterstock/Andrey_Popov mengelap monitor komputer

Frekuensi membersihkan monitor komputer tergantung pada kondisi lingkungan dan kebiasaan pengguna. Jika ruang kerja sangat berdebu, maka besar kemungkinan monitor cepat kotor.

Selain itu, kebiasaan pengguna seperti sering menyentuh layar, memindahkan komputer, atau makan dan minum saat berada di sekitar monitor, membuat monitor cepat kotor. Hal tersebut membuat monitor perlu rutin dibersihkan.

Sebagian besar pengguna akan membersihkan monitor komputernya paling cepat seminggu sekali agar monitor bisa bekerja dengan baik.

Baca juga: Cara Membersihkan Layar Komputer Sesuai Jenisnya

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Dua kain mikrofiber
  • Air suling
  • Alkohol gosok
  • Tisu desinfektan

Matikan listrik

Sebelum dibersihkan, pastikan komputer sudah tidak terhubung dengan aliran listrik. Matikan komputer dan biarkan sampai dingin.

Membersihkan monitor saat komputer hidup bisa menyebabkan sengatan listrik. Selain itu, layar hitam saat komputer mati lebih mudah dibersihkan karena debu dan noda mudah terlihat.

Bersihkan debu menggunakan kain mikrofiber

Setelah memastikan komputer mati, langkah selanjutnya yaitu membersihkan debu menggunakan kain mikrofiber. Caranya dengan melipat kain menjadi empat bagian, kemudian bersihkan bagian atas monitor terlebih dahulu dan bersihkan semua sisi.

Ganti sisi kain yang bersih untuk mengusap layar monitor. Berikan sedikit tekanan apabila terdapat noda sidik jari yang membandel.

Baca juga: Cara Tepat dan Aman Membersihkan Layar Monitor Komputer

Bersihkan noda membandel

membersihkan monitor komputer di ruang kerjaAndrey_Popov membersihkan monitor komputer di ruang kerja

Jika terdapat noda membandel yang menempel di layar monitor, maka bisa dibersihkan menggunakan air suling atau alkohol gosok.

Cara membersihkan monitor komputer dengan air sulit atau alkohol gosok yaitu dengan meneteskan bahan pembersih tersebut pada kain mikrofiber. Setelah itu, gunakan kain mikrofiber lembap untuk menyeka kotoran.

Keringkan layar monitor

Setelah layar monitor bersih, keringkan menggunakan kain mikrofiber kering yang masih bersih. Pastikan semua bagian layar kering dan bersihkan.

Baca juga: Panduan Cara Membersihkan Keyboard Komputer dengan Tepat

Bersihkan bagian luar monitor

Terakhir, untuk membersihkan bagian luar monitor, gunakan tisu desinfektan. Jangan gunakan tisu desinfektan pada layar monitor. Lalu, biarkan monitor komputer kering dan hidupkan kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com