Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Layar TV dengan Aman, Bisa Pakai Air Suling

Kompas.com - 28/08/2023, 11:49 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Televisi atau TV merupakan salah satu alat elektronik yang ada di rumah. Sama halnya dengan barang elektronik lainnya, layar TV juga perlu sering dibersihkan agar tampilannya bersih dan saat dinyalakan gambar terlihat lebih terang.

Rutin membersihkan barang elektronik tersebut juga membuat masa pakai TV menjadi lebih lama. Tentu saja, membersihkan layar televisi harus ekstra hati-hati agar tidak menyebabkan goresan atau kerusakan lainnya yang merugikan.

Dilansir dari Cleanipedia, Senin (28/8/2023), alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan cukup sederhana, yakni kain mikrofiber dan air suling. Kain mikrofiber digunakan karena lembut dan tidak menyebabkan goresan pada layar televisi.

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Layar TV yang Benar agar Tak Tergores

Sementara itu, air suling dipilih karena lebih aman dibandingkan air mineral biasa. Pasalnya, air mineral biasanya mengandung mineral yang bisa meninggalkan residu pada televisi. Adapun tips membersihkan layar TV menggunakan air suling, seperti berikut.

Ilustrasi membersihkan TV.Shutterstock/Andrey_Popov Ilustrasi membersihkan TV.

Matikan televisi terlebih dahulu

Sebelum dibersihkan, pastikan televisi dalam keadaan mati. Cabut kabel dari sumber listrik untuk mencegah potensi kecelakaan saat sedang membersihkan layar TV.

Bersihkan debu kering

Debu kering yang menempel pada layar TV sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu menggunakan kain mikrofiber kering. Anda bisa membersihkan dari atas ke bawah.

Bersihkan dengan tekanan ringan agar tidak meninggalkan goresan pada layar televisi. Bersihkan semua bagian sampai noda kering hilang.

Baca juga: Cara Membersihkan Layar TV LED yang Benar agar Tidak Tergores

Bersihkan menggunakan air suling

Tips membersihkan layar TV selanjutnya yaitu membersihkan layar menggunakan kain mikrfober yang sudah dibasahi dengan air suling. Meskipun demikian, kain tersebut tidak boleh terlalu basah, cukup lembap saja agar TV tidak rusak akibat terkena cipratan air.

Setelah itu, usapkan kain secara perlahan pada layar TV dengan gerakan horizontal atau vertikal. Jangan gosok layar secara berlebihan karena bisa mengakibatkan kerusakan permanen. Bersihkan juga bagian atas dan bawah TV dengan lembut dan hati-hati.

Keringkan layar televisi

Setelah semua bagian dibersihkan, biarkan layar TV kering secara alami. Cek kondisi layar untuk memastikan tidak ada goresan atau noda yang tertinggal. Jika masih ada noda, Anda bisa menggunakan kain mikrofiber bersih untuk menghilangkan noda tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com