Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2023, 14:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKelelawar adalah hewan nokturnal yang sering ditemukan di rumah. Hewan ini banyak bersembunyi di loteng maupun pohon dekat rumah.

Keberadaan kelelawar cukup mengganggu karena sering meninggalkan kotoran yang membuat rumah menjadi kotor dan bau. Maka dari itu, jika ada sarang kelelawar di rumah, segeralah untuk mengusirnya.

Dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (26/11/2023), berikut ini cara mengusir kelelawar tanpa bahan kimia.

Baca juga: Gampang, Ini 4 Cara Mengusir Kelelawar di Rumah

Tutup semua akses masuk

Ilustrasi kelelawar bergantungan di atap rumah.iStockphoto/lillitve Ilustrasi kelelawar bergantungan di atap rumah.

Kelelawar bisa masuk ke ruang yang sangat sempit. Maka dari itu, salah satu cara mengusir kelelawar yaitu dengan menutup semua akses masuk.

Selain menutup akses masuknya, kamu juga bisa memasang perangkap kelelawar yang memungkinkan hewan tersebut masuk ke perangkap namun tidak bisa keluar kembali.

Meskipun membutuhkan waktu yang lama, namun cara ini cukup efektif untuk mengusir hewan nokturnal ini.

Gunakan bahan penolak alami

Kelelawar memiliki indera penciuman yang tajam. Maka dari itu, salah satu cara mengusir hewan ini yaitu dengan menggunakan bahan penolak alami seperti peppermint, kayu manis, atau kayu putih.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus Pakai Cuka

Bahan alami tersebut mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai kelelawar. Untuk menggunakan peppermint atau eucalyptus, kamu bisa mencampurkan air hangat dan air gula.

Kemudian, semprotkan ke area yang sering menjadi tempat kelelawar bersarang. Selain bisa mengusir kelelawar, bahan alami tersebut juga membuat rumah lebih wangi.

Buat rumah kelelawar di halaman rumah

Membuat rumah kelelawar di halaman rumah menjadi salah satu cara mencegah kelelawar masuk ke dalam rumah. Kamu bisa membuat rumah kelelawar di pohon.

Dengan demikian, kelelawar akan masuk ke rumah yang sudah kamu siapkan dan tidak masuk ke dalam rumah. Cara ini bisa mengurangi risiko kerusakan properti akibat kelelawar.

Hilangkan sumber makanannya

Cara mengusir kelelawar lainnya yaitu dengan menghilangkan sumber makannya. Misalnya dengan memanen semua buah dan sayur yang ada di kebun dekat rumah atau memasang jaring pada buah di kebun agar kelelawar tidak bisa memakannya.

Baca juga: Mengusir Kecoak Pakai Lemon, Apakah Ampuh?

Sementara itu, jika kelelawar yang berkeliaran memakan serangga, maka langkah efektif yang bisa dilakukan yaitu dengan mengendalikan hama terlebih dahulu.

Kamu bisa menyemprotkan pestisida nabati agar populasi hama berkurang. Saat populasi hama berkurang, maka secara otomatis kelelawar juga akan pergi ke tempat lain.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com