Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengusir Kelelawar Tanpa Bahan Kimia

Keberadaan kelelawar cukup mengganggu karena sering meninggalkan kotoran yang membuat rumah menjadi kotor dan bau. Maka dari itu, jika ada sarang kelelawar di rumah, segeralah untuk mengusirnya.

Dilansir dari Homes and Gardens, Minggu (26/11/2023), berikut ini cara mengusir kelelawar tanpa bahan kimia.

Kelelawar bisa masuk ke ruang yang sangat sempit. Maka dari itu, salah satu cara mengusir kelelawar yaitu dengan menutup semua akses masuk.

Selain menutup akses masuknya, kamu juga bisa memasang perangkap kelelawar yang memungkinkan hewan tersebut masuk ke perangkap namun tidak bisa keluar kembali.

Meskipun membutuhkan waktu yang lama, namun cara ini cukup efektif untuk mengusir hewan nokturnal ini.

Gunakan bahan penolak alami

Kelelawar memiliki indera penciuman yang tajam. Maka dari itu, salah satu cara mengusir hewan ini yaitu dengan menggunakan bahan penolak alami seperti peppermint, kayu manis, atau kayu putih.

Bahan alami tersebut mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai kelelawar. Untuk menggunakan peppermint atau eucalyptus, kamu bisa mencampurkan air hangat dan air gula.

Kemudian, semprotkan ke area yang sering menjadi tempat kelelawar bersarang. Selain bisa mengusir kelelawar, bahan alami tersebut juga membuat rumah lebih wangi.

Buat rumah kelelawar di halaman rumah

Membuat rumah kelelawar di halaman rumah menjadi salah satu cara mencegah kelelawar masuk ke dalam rumah. Kamu bisa membuat rumah kelelawar di pohon.

Dengan demikian, kelelawar akan masuk ke rumah yang sudah kamu siapkan dan tidak masuk ke dalam rumah. Cara ini bisa mengurangi risiko kerusakan properti akibat kelelawar.

Hilangkan sumber makanannya

Cara mengusir kelelawar lainnya yaitu dengan menghilangkan sumber makannya. Misalnya dengan memanen semua buah dan sayur yang ada di kebun dekat rumah atau memasang jaring pada buah di kebun agar kelelawar tidak bisa memakannya.

Sementara itu, jika kelelawar yang berkeliaran memakan serangga, maka langkah efektif yang bisa dilakukan yaitu dengan mengendalikan hama terlebih dahulu.

Kamu bisa menyemprotkan pestisida nabati agar populasi hama berkurang. Saat populasi hama berkurang, maka secara otomatis kelelawar juga akan pergi ke tempat lain.

Selain menjadi dekorasi luar ruangan, lampu taman juga bisa membantu mengusir kelelawar. Sebab, kelelawar merupakan hewan nokturnal yang sensitif terhadap cahaya terang.

Memasang lampu taman yang terang akan membuat hewan ini menjauh dari area rumah. Selain di taman, kamu juga bisa memasang lampu di area yang sering menjadi sarang kelelawar, seperti loteng atau area belakang rumah.

Bersihkan area yang sering dilalui kelelawar

Seperti hewan lain, kelelawar juga akan mengendus area tempat tinggal mereka untuk menandai wilayah dan menemukan lokasi rumahnya.

Maka dari itu, salah satu cara mengusir kelelawar yaitu dengan membersihkan sarang kelelawar dan area yang sering dilalui hewan ini.

Kamu perlu memastikan tidak ada kotoran kelelawar yang tertinggal. Dengan demikian, kelelawar akan kehilangan jejak dan tidak bisa kembali ke sarangnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/26/143826176/cara-mengusir-kelelawar-tanpa-bahan-kimia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke