Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Tanaman Bird of Paradise di Dalam Ruangan

Kompas.com - 17/11/2023, 14:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak tanaman tropis dengan penampilan memukau yang cocok dijadikan tanaman hias di rumah. Salah satunya adalah tanaman bird of paradise (Strelitzia spp.) atau bunga cendrawasih.

Ketika ditanam di dalam ruangan, tanaman bird of paradise cocok untuk menambahkan nuansa eksotis pada dekorasi rumah. Sebaiknya, tanaman bird of paradise diletakkan di tempat yang cerah.

Dikutip dari House Digest, Jumat (17/11/2023), tanaman bird of paradise adalah salah satu tanaman hias yang mudah dirawat. Tanaman ini menampilkan bunga berwarna oranye dan biru (terkadang putih) yang mencolok yang mengalahkan dedaunan hijau keabu-abuan yang berwarna-warni, kadang-kadang ditandai dengan pelepah merah.

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Terlihat Mirip Hewan, Bisa Ditanam di Rumah

Ilustrasi tanaman hias bird of paradise.SHUTTERSTOCK/YURIS SCHULZ PHOTOGRAPHER Ilustrasi tanaman hias bird of paradise.

Fakta menarik lainnya adalah tanaman ini dapat tumbuh setinggi hingga 180 cm dalam waktu lima hingga enam tahun.

Namun demikian, biji dan buahnya sedikit beracun, menyebabkan mual dan muntah pada anak-anak dan hewan peliharaan jika tertelan.

Cara merawat tanaman bird of paradise di dalam ruangan

Ketika bunga tanaman ini tidak mekar dengan warna biru  dan warna oranye, bird of paradise menampilkan daun hijau sepanjang 90 hingga 120 cm yang indah dan hijau sepanjang 18 hingga 24 inci.

Dedaunannya yang berwarna hijau keperakan, berbentuk dayung, dan mengkilap sudah cukup untuk mencerahkan ruangan dalam ruangan mana pun tanpa sampah daun rontok yang harus dibersihkan.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Ruang Keluarga

Tanaman bird of paradise membutuhkan tanah yang menyerap air dengan baik dan tidak membuat akarnya basah dalam waktu lama. Meskipun tanah gembur lebih disukai, namun Anda bisa melakukan penambahan kulit kayu atau sabut kelapa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com