Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Merawat Tanaman Bird of Paradise di Dalam Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak tanaman tropis dengan penampilan memukau yang cocok dijadikan tanaman hias di rumah. Salah satunya adalah tanaman bird of paradise (Strelitzia spp.) atau bunga cendrawasih.

Ketika ditanam di dalam ruangan, tanaman bird of paradise cocok untuk menambahkan nuansa eksotis pada dekorasi rumah. Sebaiknya, tanaman bird of paradise diletakkan di tempat yang cerah.

Dikutip dari House Digest, Jumat (17/11/2023), tanaman bird of paradise adalah salah satu tanaman hias yang mudah dirawat. Tanaman ini menampilkan bunga berwarna oranye dan biru (terkadang putih) yang mencolok yang mengalahkan dedaunan hijau keabu-abuan yang berwarna-warni, kadang-kadang ditandai dengan pelepah merah.

Fakta menarik lainnya adalah tanaman ini dapat tumbuh setinggi hingga 180 cm dalam waktu lima hingga enam tahun.

Namun demikian, biji dan buahnya sedikit beracun, menyebabkan mual dan muntah pada anak-anak dan hewan peliharaan jika tertelan.

Cara merawat tanaman bird of paradise di dalam ruangan

Ketika bunga tanaman ini tidak mekar dengan warna biru  dan warna oranye, bird of paradise menampilkan daun hijau sepanjang 90 hingga 120 cm yang indah dan hijau sepanjang 18 hingga 24 inci.

Dedaunannya yang berwarna hijau keperakan, berbentuk dayung, dan mengkilap sudah cukup untuk mencerahkan ruangan dalam ruangan mana pun tanpa sampah daun rontok yang harus dibersihkan.

Tanaman bird of paradise membutuhkan tanah yang menyerap air dengan baik dan tidak membuat akarnya basah dalam waktu lama. Meskipun tanah gembur lebih disukai, namun Anda bisa melakukan penambahan kulit kayu atau sabut kelapa.

Tanaman ini cukup toleran terhadap kekeringan dan lebih menyukai penyiraman mingguan kecuali selama cuaca sejuk. 

Anda hanya membutuhkan pupuk serbaguna yang diencerkan untuk menumbuhkan tanaman ini selama cuaca panas.

Tanaman bird of paradise membutuhkan sekitar delapan jam sinar matahari untuk mekar, kecuali saat musim kemarau ketika suhu yang lebih tinggi dapat menyebabkan daun gosong.

Biasanya, jendela yang menghadap ke barat dan selatan menjadi tempat terbaik. Namun jika paparan sinar matahari terbatas, sorotkan lampu pertumbuhan pada tanaman yang mencolok.

Selanjutnya, pastikan suhu di dalam ruangan tidak melebihi 15,5 derajat celcius.

Faktor lain yang perlu diingat adalah bagaimana Anda menanam tanaman bird of paradise. Tanaman ini tidak boleh ditanam terlalu dalam, artinya akar bagian atas harus tetap terbuka, dan penyebarannya tidak akan memacu Anda untuk memindahkannya ke dalam pot.

Meski terasa terabaikan, pembungaan terbaik dicapai saat pot menjadi penuh, dan lapisan atas tanah diganti setiap tahun. Namun, jika bunga masih gagal mekar dan Anda melihat daun berwarna coklat, periksa kandungan mineral dan garamnya.

Sirami tanaman dengan air murni atau air hujan. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan dehumidifier, nampan kerikil, atau kabut sesekali untuk menjaga kelembapan 60 persen selama cuaca dingin. 

Tanaman bird of paradise yang ditanam di dalam ruangan lebih rentan terhadap hama seperti tungau laba-laba dan kutu putih, jadi bersihkan tanaman secara teratur dan obati dengan minyak nimba atau insektisida jika perlu.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/11/17/145458076/cara-merawat-tanaman-bird-of-paradise-di-dalam-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke