Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/11/2023, 16:09 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Tak jarang kita menemukan noda kuning di kamar mandi. Noda ini menyebabkan kamar mandi kurang sedap saat dipandang.

Selain mengganggu kenyamanan, kamar mandi kotor juga bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur penyebab penyakit.

Maka dari itu, penting untuk rutin membersihkan kamar mandi. Dilansir dari Up Straight Cleaning, Selasa (7/11/2023), berikut ini tips membersihkan noda kuning di kamar mandi.

Baca juga: Mudah, Cara Membersihkan Noda Kuning di Wastafel Kamar Mandi

Membersihkan menggunakan cuka

Salah satu cara membersihkan noda kuning di kamar mandi yaitu dengan menggunakan cuka. Bahan dapur ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan berbagai noda.

Cuka bisa dicampur dengan soda kue dan air sampai membentuk larutan pembersih. Kemudian, semprotkan larutan pembersih ke area yang bernoda.

Ilustrasi membersihkan kamar mandi.SHUTTERSTOCK/BELL LUNLA Ilustrasi membersihkan kamar mandi.

Diamkan selama kurang lebih satu menit. Gosok dengan sikat pembersih dan siram dengan air bersih untuk menghilangkan residu dari larutan pembersih.

Gunakan minyak goreng

Siapa sangka jika minyak goreng bisa digunakan untuk membersihkan noda kuning di kamar mandi. Minyak goreng bisa membuat kotoran tidak lengket, sehingga mudah dibersihkan.

Kamu cukup mengoleskan sedikit minyak pada noda atau kotoran yang akan dibersihkan. Diamkan sebentar, lalu bersihkan permukaannya.

Baca juga: 5 Langkah Membersihkan Kamar Mandi, Mudah dan Cepat

Setelah itu, bersihkan sisa minyak menggunakan sabun. Sebab, sisa minyak yang tidak dibersihkan bisa menyebabkan kamar mandi licin dan berbahaya.

Membersihkan kamar mandi pakai soda kue dan hidrogen peroksida

Tips membersihkan noda kuning di kamar mandi selanjutnya yaitu menggunakan campuran soda kue dan hidrogen peroksida.

Kedua bahan tersebut dicampur sampai membentuk pasta. Lalu, oleskan pasta tersebut dan diamkan selama 30 menit.

Pasta tersebut akan meresap dan membuat noda lebih mudah dibersihkan. Kemudian, gosok pasta menggunakan sikat atau spons dan bilas dengan air hangat sampai noda kuning terangkat.

Bersihkan menggunakan garam

Tak hanya minyak goreng, garam juga bisa digunakan untuk membersihkan noda kuning sekaligus membunuh bakteri yang ada di kamar mandi.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Kepala Shower, Pakai Soda Kue hingga Cola

Sebelum dibersihkan, area kamar mandi yang akan dibersihkan perlu disiram dengan air bersih. Kemudian, taburkan sedikit garam ke area yang bernoda dan tunggu sampai 30 menit sampai 1 jam.

Lalu, bilas dengan air. Kamu juga bisa menggosok permukaan yang sudah ditaburi garam untuk memastikan tidak ada noda yang tertinggal.

Itulah beberapa tips membersihkan noda kuning di kamar mandi menggunakan bahan-bahan yang mudah dijumpai.

Untuk mencegah noda mengerak di kamar mandi, kamu perlu rutin membersihkan kamar mandi setidaknya dua kali dalam seminggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com