Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2023, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKamar mandi merupakan area di dalam rumah yang paling kotor. Maka dari itu, kamar mandi perlu rutin dibersihkan agar nyaman saat digunakan dan tidak menjadi sarang penyakit.

Menurut Pro Clan Window, membersihkan kamar mandi dengan rutin bisa mencegah pertumbuhan bakteri, menghilangkan bau tak sedap, mencegah pertumbuhan jamur, dan menjaga kesehatan mental.

Namun, dapat dimaklumi bahwa membersihkan kamar mandi bukanlah pekerjaan yang mudah. Terlebih, jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang.

Baca juga: 7 Langkah Cepat Membersihkan Kamar Mandi

Tapi tenang saja, karena pada kesempatan kali ini kami akan berikan beberapa tips membersihkan kamar mandi dengan mudah. Dilansir dari House Digest, Minggu (1/10/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Ilustrasi membersihkan kamar mandi. SHUTTERSTOCK/MARK AGNOR Ilustrasi membersihkan kamar mandi.

Buatkan jadwal rutin

Jika Anda terlalu sibuk, maka hal yang perlu dilakukan yaitu membuat jadwal rutin. Selain itu, adanya jadwal membuat Anda bisa meluangkan waktu untuk membersihkan kamar mandi.

Anda bisa membuat jadwal membersihkan kamar mandi setiap selesai mandi untuk membersihkan bagian yang mudah dijangkau. Sementara itu, membersihkan kamar mandi secara mendalam bisa dilakukan setiap seminggu sekali atau seminggu dua kali.

Kumpulkan perlengkapan membersihkan kamar mandi

Ada banyak perlengkapan yang bisa digunakan untuk membersihkan kamar mandi. Semua perlengkapan tersebut sebaiknya dikumpulkan dalam satu tempat yang sama agar mudah saat mengambilnya.

Baca juga: 5 Bahan Alami Membersihkan Kamar Mandi dengan Mudah

Beberapa perlengkapan kebersihan yang dibutuhkan yaitu kain perca, spons, sikat, bahan pembersih lantai, bahan pembersih kloset, dan lain sebagainya.

Bersihkan semua bagian

Tips membersihkan kamar mandi lainnya yaitu bersihkan semua bagian kamar mandi termasuk pernak-pernik yang ada di meja kamar mandi.

Setelah dibersihkan, sebaiknya simpan barang-barang tersebut ke dalam laci atau wadah tertutup agar kebersihannya terjaga. Selain itu, menyimpan barang-barang tersebut di dalam lemari juga bisa membuat kamar mandi lebih rapi.

Bersihkan di area tertentu terlebih dahulu

Semakin sering digunakan, maka kamar mandi semakin cepat kotor. Ada banyak kotoran, debu, dan bakteri yang menumpuk ke permukaan.

Salah satu area yang mudah kotor yaitu dinding kamar mandi. Untuk membersihkan area tersebut, Anda bisa menggunakan kombinasi air hangat dan produk pembersih khusus.

Baca juga: 7 Kesalahan Membersihkan Kamar Mandi yang Harus Dihindari

Biarkan air hangat mengalir ke area dinding selama beberapa menit. Kemudian, semprotkan produk pembersih khusus dan gosok lembut sampai dinding kamar mandi bersih.

Lalu, bilas dengan air bersih agar produk pembersih hilang dan dinding kamar mandi kembali kinclong.

Ilustrasi membersihkan kamar mandi. SHUTTERSTOCK/VH-STUDIO Ilustrasi membersihkan kamar mandi.

Bersihkan area yang berdekatan dalam satu waktu

Tips membersihkan kamar mandi dengan mudah yaitu dengan membersihkan area yang berdekatan dalam waktu yang sama. Misalnya, membersihkan bak mandi dan shower secara bersamaan.

Setelah satu area bersih, Anda bisa mulai berpindah ke area lain. Cara membersihkan kamar mandi ini lebih efisien dan cepat.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Kamar Mandi? Ini Panduannya

Gunakan metode pembersihan dari atas ke bawah

Agar proses membersihkan kamar mandi lebih cepat, Anda bisa menggunakan metode pembersihan dari atas ke bawah. Menurut One Good Thing, metode pembersihan ini cerdas dan efisien, sehingga tidak memerlukan banyak waktu.

Untuk membersihkan kamar mandi dengan cara ini, Anda hanya memerlukan kain mikrofiber. Apabila area dinding yang akan dibersihkan terlalu tinggi, maka Anda bisa menggunakan kemoceng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com