Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2023, 20:47 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Talenan adalah perlengkapan dapur yang digunakan untuk alas bahan makanan saat dipotong menggunakan pisau.

Jenis talenan yang banyak digunakan yaitu talenan kayu karena dinilai lebih tahan lama dan harganya relatif lebih murah dibandingkan jenis talenan lain.

Namun, apabila tidak dirawat dengan benar, talenan ini bisa ditumbuhi jamur. Pasalnya, jenis talenan ini mampu menyerap air dan menciptakan kondisi yang optimal untuk pertumbuhan jamur.

Baca juga: Bebas Kuman, Ini Cara Membersihkan Talenan Kayu dan Plastik

Jika tidak dibersihkan, jamur akan mengkontaminasi makanan dan merusak kualitas bahan makanan tersebut. Padahal, jamur pada talenan bisa dibersihkan dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kita.

Dilansir dari Love to Know, Selasa (17/10/2023), berikut ini cara menghilangkan jamur pada talenan kayu menggunakan bahan yang mudah dijumpai.

Membersihkan talenan menggunakan cuka putih

Salah satu bahan dapur yang bisa digunakan untuk membersihkan jamur pada talenan yaitu cuka. Anda bisa mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1.

Kemudian, biarkan selama lima menit. Lalu, celupkan kain dalam larutan tersebut dan gosok talenan secara perlahan sampai semua jamur hilang. Terakhir, bilas dan keringkan talenan.

Ilustrasi mencuci talenan kayu, membersihkan talenan kayu.SHUTTERSTOCK/OLYA DETRY Ilustrasi mencuci talenan kayu, membersihkan talenan kayu.

Baca juga: Simak, Cara Mudah Membersihkan Talenan Kayu

Cara membersihkan jamur di talenan menggunakan pemutih

Selain menggunakan cuka putih, Anda juga bisa memanfaatkan pemutih untuk menghilangkan jamur di talenan.

Cukup campurkan satu sendok teh pemutih dalam delapan gelas air hangat. Lalu, tuangkan perlahan larutan tersebut di atas talenan dan gosok perlahan sampai talenan bersih. Selanjutnya, bilas dan keringkan.

Cara menghilangkan jamur pada talenan menggunakan hidrogen peroksida.

Hidrogen peroksida juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan jamur yang tumbuh di atas talenan. Caranya dengan meletakkan hidrogen peroksida pada kain.

Kemudian, gosokkan pada talenan. Lakukan tahapan ini berulang kali sampai semua jamur hilang dan talenan kembali bersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu Pakai Baking Soda, Tampak Seperti Baru

Cara membersihkan talenan kayu yang lengket

Selain jamur, terkadang ada juga noda lengket yang menempel pada talenan. Noda ini bisa dibersihkan menggunakan campuran soda kue atau garam.

Anda bisa mencampurkan soda kue dengan air. Kemudian, aduk sampai kedua bahan membentuk pasta.

Oleskan pasta soda kue pada area noda lengket dan biarkan selama kurang lebih lima menit. Kemudiaan seka area tersebut dengan kain lembap.

Apabila masih lengket, taburkan sedikit garam di area tersebut. Lalu, gosok dengan gerakan memutar menggunakan kain lembap sampai semua noda lengket hilang.

Itulah beberapa cara membersihkan jamur pada talenan kayu dengan mudah. Selain jamur, noda lengket juga perlu dibersihkan agar talenan kembali bersih dan higienis.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com