Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2023, 20:00 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang bombai (Allium cepa L.) adalah tanaman sayur yang termasuk dalam keluarga bawang-bawangan (Alliaceae).

Bawang bombai memiliki bentuk bulat besar dan berdaging tebal dengan rasa sedikit pedas serta manis. Tanaman umbi sering digunakan dalam berbagai macam masakan untuk memberikan rasa dan aroma yang melezatkan hidangan. 

Baca juga: Cara Menanam Bawang Bombai di Air, Kurangi Limbah Sayuran

 

Bawang bombai tidak hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai macam nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Bawang bombai juga sering digunakan dalam sayuran wortel untuk membuat salad. Selain dalam hidangan, bawang bombai juga sering ditanam secara berdampingan atau berdekatan dengan tanaman wortel

Rupanya, menanam bawang bombai dan wortel berdampingan memberikan sejumlah manfaat. Kedua tanaman sayur ini dapat saling menguntungkan untuk tumbuh subur. 

Wortel (Daucus carota subsp. sativus) adalah tanaman sayur yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar pada tahun kedua. 

Baca juga: Cara Menanam Wortel dalam Pot dengan Mudah

Ilustrasi menanam bawang bombai di air. SHUTTERSTOCK/REAL_LIFE_PHOTO Ilustrasi menanam bawang bombai di air.
Wortel merupakan sayuran dengan akar berwarna jingga, tetapi ada juga varietas wortel berwarna putih, kuning, oranye, dan ungu. Wortel memiliki rasa manis dan renyah serta dapat dikonsumsi mentah selain mengolahnya menjadi sayuran. 

Selain itu, wortel dikenal kaya vitamin A yang penting untuk kesehatan mata serta mengandung vitamin C, vitamin K, kalium, dan serat yang baik.

Dikutip dari Living Etc, Selasa (17/10/2023), menanam bawang bombai dan wortel berdampingan merupakan ide bagus karena kedua tanaman ini memiliki kebutuhan berbeda sehingga dapat saling melengkapi.

Bawang bombai membutuhkan tanah yang kaya nitrogen, sedangkan tanaman wortel membutuhkan tanah yang kaya fosfor. Dengan menanam bawang bombai dan wortel berdampingan, Anda dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi masing-masing tanaman dan memastikan keduanya mendapatkan makanan yang cukup. 

Baca juga: Jangan Simpan Bawang Bombai di Kulkas, Kenapa?

Bawang bombai dan wortel memiliki waktu panen berbeda. Bawang bombai biasanya dipanen sekitar 60-90 hari setelah tanam, sedangkan tanaman wortel dipanen sekitar 60-70 hari. Dengan menanam bawang bombai dan wortel berdampingan, dapat memaksimalkan penggunaan ruang di kebun.

Tanaman wortel mudah menyebar di bawah sehingga dapat memanfaatkan ruang di kebun dengan lebih maksimal. Sedangkan, bawang bombai tidak membutuhkan banyak ruang di permukaannya karena tumbuh secara vertikal dengan pucuknya.

Selain itu, tanaman bawang bombai dapat mengeluarkan aroma khas yang dapat mengusir banyak hama. Dengan menanam bawang bombai dan wortel berdampingan, Anda menciptakan sistem penangkal alami yang menjauhkan hama-hama dari kedua tanaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Living Etc
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com