Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/10/2023, 13:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan rumah. Kegiatan ini perlu rutin dilakukan agar rumah selalu bersih dan rapi.

Selain membuat rumah lebih bersih dan rapi, membersihkan rumah juga mendatangkan banyak manfaat.

Dilansir dari Bond Cleaning in Adelaide, Minggu (15/10/2023), berikut ini manfaat membersihkan rumah yang penting untuk diketahui.

Baca juga: Ternyata, Ini 8 Manfaat Membersihkan Rumah untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan tubuh

Membersihkan rumah secara teratur akan membuat tubuh lebih sehat karena kuman penyebab penyakit di dalam rumah bisa berkurang.

Rumah yang bersih juga bisa mencegah persebaran mikroba berbahaya. Dengan demikian, risiko tertular penyakit bisa diminimalisir.

Ilustrasi membersihkan rumahKhaligo Ilustrasi membersihkan rumah

Mencegah alergi

Banyak bakteri yang ada di dalam rumah menyebar melalui udara, sehingga menyebabkan penghuninya mengalami alergi dan gangguan pernapasan seperti asma, rinitis, dan sinusitis kronis.

Selain itu, alergen seperti tungau, debu, serbuk sari, dan bulu yang mengakibatkan hidung tersumbat, batuk, hingga sesak napas juga sering menyebar di udara.

Baca juga: 7 Tugas Membersihkan Rumah yang Dapat Dikerjakan Cepat

Dengan rutin dibersihkan, maka rumah akan terbebas dari alergen yang mengganggu kesehatan tubuh.

Membantu meningkatkan produktivitas

Rumah yang bersih tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja atau belajar.

Rumah rapi dan bersih akan membuat kita merasa nyaman. Dengan demikian, kita akan lebih fokus saat belajar atau bekerja di rumah.

Membuat rumah lebih aman

Rumah bersih dan rapi juga bisa meningkatkan keamanan. Sebab, barang-barang di dalam rumah menjadi lebih rapi, sehingga Anda maupun anggota keluarga lain tidak tersandung akibat barang-barang yang berantakan.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Rumah dengan Santai dan tanpa Lelah

Selain itu, membersihkan dan merapikan rumah dapat mencegah kemungkinan produk kimia tertimbun atau terabaikan yang bisa mencemari udara di rumah.

Menjaga kesehatan mental

Tak hanya membuat tubuh lebih sehat, manfaat membersihkan rumah juga bisa meningkatkan kesehatan mental. Tinggal di rumah yang bersih dan rapi bisa mengurangi stres.

Ilustrasi membersihkan rumah.Shutterstock/Krakenimages.com Ilustrasi membersihkan rumah.

Beberapa orang bahkan menganggap membersihkan dan merapikan barang-barang di rumah sebagai tindakan meditatif.

Mencegah hama masuk ke rumah

Serangga dan hewan biasanya akan menempati rumah yang kotor dalam waktu lama. Keberadaan hama rumah seperti kecoa dan tikus membuat kita merasa tidak nyaman.

Baca juga: 5 Tugas Membersihkan Rumah yang Harus Dilakukan Setiap Hari

Selain itu, hama tersebut bisa mengganggu kesehatan dan membuat rumah tidak higienis. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut yaitu dengan rutin membersihkan rumah.

Rumah yang bersih kurang disukai hama rumah. Namun, rumah bersih akan membuat kita merasa nyaman saat menempatinya.

Itulah beberapa manfaat membersihkan rumah dengan rutin. Selain menjaga kebersihan, membersihkan rumah juga bisa menjaga kesehatan tubuh dan mental.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com