Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Virus, Ini Cara Membersihkan Rumah Setelah Sakit Batuk dan Flu

Kompas.com - 07/07/2023, 08:03 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Batuk dan pilek atau flu dapat menyerang siapa pun dan kapan pun, terutama ketika cuaca buruk seperti belakang ini yang terkadang panas dan hujan. 

Sakit batuk dan flu yang menyerang terkadang dapat membuat badan menjadi lemas, yang membuatnya harus beristirahat total.  

Baca juga: 6 Gejala Flu pada Kucing yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Biasanya, sakit batuk dan flu bisa berlangsung hingga seminggu, tapi ada yang lebih cepat dan lama, tergantung pada kondisi dan perawatan yang dilakukan. 

Namun, setelah sakit mereda, Anda masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan kuman dan virus tersebut benar-benar hilang dari rumah.

Hal ini terutama penting jika Anda tinggal bersama orang lain yang rentan atau memiliki imunitas lemah, seperti orang lanjut usia (lansia), anak-anak, dan mempunyai penyakit asma, pernapasan, serta alergi. 

Stacey Rose, Asisten Profesor Kedokteran Penyakit Menular di Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat, mengatakan perlu menjauhi anggota keluarga sebisa mungkin saat sakit meski karantina ketat tidak diperlukan.  

Baca juga: Bikin Sakit, Ini 8 Benda Paling Kotor di Dapur

"Perlu juga ditekankan tetap berada di rumah. Hindari tempat kerja atau sekolah saat Anda sakit untuk mencegah penularan ke orang lain," ucapnya. 

Idealnya, Anda harus menghentikan penyebaran kuman dengan mempraktikkan kebersihan yang baik sebelum, selama, dan setelah sakit.

Langkah-langkah sederhana, seperti menutup mulut saat batuk, menggunakan tisu saat bersin, dan sering mencuci tangan secara menyeluruh sangat penting serta lebih efektif mencegah penyebaran kuman. 

Rose menjelaskan, penyakit yang berbeda dapat menyebar dengan cara sedikit berbeda. Beberapa virus ditularkan melalui udara atau tetesan pernapasan.

Artinya, jika seseorang batuk dan Anda menghirup udara di dekatnya, Anda dapat terinfeksi. Penyakit lain ditularkan melalui sekresi bersama, seperti meminum dari gelas yang sama dengan mereka yang sakit.  

Nah, dilansir dari How Stuff Works, Jumat (7/7/2023), berikut beberapa cara membersihkan rumah setelah sakit batuk dan flu. 

Baca juga: 6 Hal di Rumah yang Bisa Membuat Sakit dan Cara Mengatasinya

Mencuci tangan yang benar 

Ilustrasi mencuci tangan di wastafel.Shutterstock/SATRIA NANGISAN Ilustrasi mencuci tangan di wastafel.
Menurut Rose, mencuci tangan adalah langkah paling penting  mencegah penyebaran infeksi. Mencuci tangan dapat mengurangi kejadian infeksi pernapasan sebesar 16-21 persen.

Mencuci tangan sangat penting dilakukan saat menyiapkan makanan, merawat orang sakit, setelah menggunakan toilet, setelah membuang ingus, batuk, dan bersin, dan sebagainya.

Sayangnya, meski tidak sulit, kebanyakan orang enggan melakukannya. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) membagikan cara mencuci tangan yang tepat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com