Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cegah Virus, Ini Cara Membersihkan Rumah Setelah Sakit Batuk dan Flu

Sakit batuk dan flu yang menyerang terkadang dapat membuat badan menjadi lemas, yang membuatnya harus beristirahat total.  

Biasanya, sakit batuk dan flu bisa berlangsung hingga seminggu, tapi ada yang lebih cepat dan lama, tergantung pada kondisi dan perawatan yang dilakukan. 

Namun, setelah sakit mereda, Anda masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan kuman dan virus tersebut benar-benar hilang dari rumah.

Hal ini terutama penting jika Anda tinggal bersama orang lain yang rentan atau memiliki imunitas lemah, seperti orang lanjut usia (lansia), anak-anak, dan mempunyai penyakit asma, pernapasan, serta alergi. 

Stacey Rose, Asisten Profesor Kedokteran Penyakit Menular di Baylor College of Medicine di Houston, Amerika Serikat, mengatakan perlu menjauhi anggota keluarga sebisa mungkin saat sakit meski karantina ketat tidak diperlukan.  

"Perlu juga ditekankan tetap berada di rumah. Hindari tempat kerja atau sekolah saat Anda sakit untuk mencegah penularan ke orang lain," ucapnya. 

Idealnya, Anda harus menghentikan penyebaran kuman dengan mempraktikkan kebersihan yang baik sebelum, selama, dan setelah sakit.

Langkah-langkah sederhana, seperti menutup mulut saat batuk, menggunakan tisu saat bersin, dan sering mencuci tangan secara menyeluruh sangat penting serta lebih efektif mencegah penyebaran kuman. 

Rose menjelaskan, penyakit yang berbeda dapat menyebar dengan cara sedikit berbeda. Beberapa virus ditularkan melalui udara atau tetesan pernapasan.

Artinya, jika seseorang batuk dan Anda menghirup udara di dekatnya, Anda dapat terinfeksi. Penyakit lain ditularkan melalui sekresi bersama, seperti meminum dari gelas yang sama dengan mereka yang sakit.  

Nah, dilansir dari How Stuff Works, Jumat (7/7/2023), berikut beberapa cara membersihkan rumah setelah sakit batuk dan flu. 

Mencuci tangan sangat penting dilakukan saat menyiapkan makanan, merawat orang sakit, setelah menggunakan toilet, setelah membuang ingus, batuk, dan bersin, dan sebagainya.

Sayangnya, meski tidak sulit, kebanyakan orang enggan melakukannya. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) membagikan cara mencuci tangan yang tepat.

1. Basahi tangan dengan air bersih yang mengalir. Suhu tidak menjadi masalah.

2. Oleskan sabun dan gosok hingga berbusa. Pastikan menggosok area di antara jari-jari Anda, di bawah kuku, dan punggung tangan.

3. Gosok tangan minimal 20 detik (kira-kira sama dengan waktu yang dibutuhkan untuk menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak dua kali).

4. Bilas dengan air bersih, lalu keringkan tangan dengan cara diangin-anginkan atau gunakan handuk bersih. 

Selanjutnya, cara membersihkan rumah setelah sakit batuk dan flu adalah membersihkan permukaan keras. Virus flu dapat bertahan hidup di permukaan keras tertentu hingga 48 jam, seperti sakelar lampu dan baja tahan karat.

Jenis virus lainnya, seperti Norovirus yang menyerang perut, jauh lebih sulit, bertahan hidup dan menunggu menimbulkan malapetaka hingga beberapa minggu. 

Mary Marlowe Leverette, pakar kebersihan The Spruce, mengatakan untuk membersihkan permukaan yang keras, seperti meja dapur, gagang pintu, dan meja dapur, gunakan disinfektan yang dibeli di toko atau pemutih yang diencerkan. 

Semprotkan pada permukaan dan diamkan selama tiga menit, kemudian bersihkan larutan dengan kain bersih serta lembap.

Cuci peralatan dapur yang digunakan oleh orang yang sakit melalui mesin pencuci piring dengan suhu panas sebelum peralatan tersebut digunakan kembali. 

Selama sakit, minta kepada mereka yang sakit untuk menggunakan tisu atau mengganti handuk tangan setiap hari. Pastikan tidak menggunakan handuk mereka. 

Setelah semua orang sehat kembali, segera cuci keset kamar mandi, handuk, dan handuk tangan dengan air panas, lalu keringkan dengan suhu panas pada mesin cuci.

Secara berkala selama dan setelah sakit, Anda harus membersihkan area kamar mandi yang sangat rentan, seperti tutup kloset, dudukan dan pegangannya, lantai di sekitar kloset, gagang shower, wastafel, kenop pintu, juga sakelar lampu.

Salah satu penyebab umum infeksi ulang adalah sesuatu yang seharusnya membuat Anda tetap bersih dan sehat, tetapi justru menjadi bumerang, yakni masih memakai sikat gigi lama. 

Jadi, pastikan membuang sikat gigi saat sakit setelah gejala mereda dan mendisinfeksi dudukannya secara menyeluruh.  

Membersihkan perlengkapan tidur 

Terkahir, cara membersihkan rumah setelah sakit batuk dan flu adalah mencuci perlengkapan tidur. Sesegera mungkin setelah sakit, kata Leverette, segera mencuci seprei, piyama, sarung bantal, atau boneka binatang yang berada di dekat orang sakit.

Selain itu, bersihkan barang-barang lain yang biasa digunakan, seperti remote TV, buku, dan barang-barang di samping tempat tidur.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/07/080300176/cegah-virus-ini-cara-membersihkan-rumah-setelah-sakit-batuk-dan-flu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke