Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Ruang Penyimpanan di Rumah Kecil Menurut Para Ahli

Kompas.com - 14/10/2023, 10:26 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang ramping selalu menjadi tujuan, tapi mengatasi kekacauan di rumah kecil dan tidak memiliki banyak ruang penyimpanan bisa jadi sulit.

Hidup dengan ruang terbatas bukan berarti pasrah dengan rumah yang penuh sesak dengan barang-barang. Jadi, jangan belajar untuk hidup dengannya, tapi mempelajari cara menyimpannya. 

Baca juga: 5 Ide Memanfaatkan Ruang Penyimpanan di Tempat Tidur

Saat menata ruang kecil, memanfaatkan potensi penyimpanan ruangan secara maksimal sangatlah penting. Pasalnya, setiap inci sangat berarti sehingga Anda harus sedikit kreatif.

Brenda Scottor, ganisator profesional dari Tidy My Space, mengatakan rumah kecil bukan berarti tidak memiliki ruang, tetapi belum menemukannya ruang "tersembunyi" sering kali terlewatkan. 

Menemukan dan memanfaatkannya adalah langkah pertama memaksimalkan potensi penyimpanan di rumah kecil. Beberapa ide ruang penyimpanan di rumah kecil membutuhkan sedikit usaha. 

Bingung harus mulai dari mana?

Dikutip dari Homes and Gardens, Sabtu (14/10/2023), sejumlah ide ruang penyimpanan di rumah kecil menurut para ahli.  

Baca juga: 7 Cara Mengatur Lemari Penyimpanan di Bawah Tangga

Gunakan bagian belakang pintu 

Belakang pintu sering dianggap sebagai ruang yang tidak dapat digunakan, padahal menawarkan potensi penyimpanan utama di ruang-ruang kecil dan Anda memiliki keuntungan tambahan karena dapat menyembunyikannya dengan menutup (atau membuka) pintu.

Bagian belakang pintu kamar tidur dan pintu depan, misalnya, sangat bagus untuk menyimpan sepatu, tas, dan aksesori.  

Baca juga: 6 Ide Tempat Penyimpanan Barang di Ruang Tamu agar Tetap Teratur

Biarkan barang menggantung

Selanjutnya, ide ruang penyimpanan di rumah kecil adalah adalah menggantung barang. Dinding adalah teman terbaik di ruang kecil, terutama jika mencari ide penyimpanan dapur kecil.

Meski rak adalah ide penyimpanan bagus secara umum, tapi bisa terasa mengesankan. Ini tidak ideal untuk ruangan yang lebih kecil.

Jika konter yang penuh sesak membuat Anda tidak memiliki ruang untuk persiapan, bersihkan kekacauan dengan menggantung barang-barang yang paling sering digunakan.

Coba pasang rel pasak di atas meja dapur dan gantung keranjang kawat, dan kubus, atau pasang kait untuk celemek dan handuk teh. Ini juga dapat diadaptasi untuk ide penyimpanan kamar mandi kecil. 

Baca juga: 9 Ide Ruang Penyimpanan di Pintu Masuk Rumah

Manfaatkan setiap sudut dengan maksimal

Ide ruang penyimpanan di rumah kecil lainnya adalah memanfaatkan setiap sudut dengan maksimal. Jangan pernah meremehkan ruang dalam bentuk apa pun, bahkan sudut terkecil sekalipun. Kuncinya adalah berpikir kreatif.

Helen Parker, Direktur Kreatif deVOL, mengatakan untuk menggunakan imajinasi Anda dan manfaatkan ceruk, cerobong asap, dan lorong dengan cerdik. Ruang-ruang yang tidak terpakai ini bisa dengan mudah menjadi cara yang sangat berharga untuk menyimpan barang tanpa harus mengganggu ruang keluarga. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com