Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menata Ruang Penyimpanan Terbuka agar Tampak Menarik

Kompas.com - 18/08/2023, 17:15 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang penyimpanan terbuka merupakan salah satu pilihan dalam menyimpan dan meletakkan berbagai barang di rumah.

Penyimpanan terbuka bisa menghadirkan tampilan rapi dan terkurasi. Namun, jika kurang tertata, penyimpanan terbuka dapat terlihat berantakan. 

Karena itu, penting menata ruang penyimpanan terbuka dengan baik sehingga menarik dan fungsional. Dikutip dari Living Etc, Jumat (18/8/2023), berikut sejumlah cara menata ruangan penyimpanan terbuka agar tampak menarik.

Baca juga: Simak, Ini 4 Keuntungan Memiliki Rak Terbuka di Dapur

Memadukan penyimpanan terbuka dan tertutup

Ilustrasi rak dapur terbuka.Shutterstock/Switlana Sonyashna Ilustrasi rak dapur terbuka.
Padukan penyimpanan terbuka dan tertutup. Selain ruang untuk memajang dekorasi, sediakan penyimpanan tertutup untuk menyimpan gadget dapur yang sudah lama tidak digunakan dan barang-barang yang tidak perlu dipajang.

Sebagai contoh, gunakan lemari yang didesain khusus dengan penyimpanan terbuka untuk memajang barang dekoratif dan ruang penyimpanan tertutup di bagian bawahnya untuk barang-barang berukuran besar.

Baca juga: 6 Tips Memaksimalkan Ruang Penyimpanan di Dapur dengan Rak Terbuka

Menata gaya

Nadia Watts, principal Nadia Watts Interior Design, mengatakan mencoba trik meminimalkan dengan mengambil setengah dari barang-barang yang ada dan mulai dari awal menata barang-barang tersisisa secara kreatif. 

Hal ini mendorong Anda menilai apa yang ada di rak dan mempertimbangkan apakah benar-benar menginginkan barang tersebut dipajang. Atur berdasarkan warna dan bentuk.

Wendy Davey, pricipal designer di Craberry Design menyarankan menambahkan barang-barang dengan ketinggian berbeda dan beberapa dekorasi dalam kelompok-kelompok kecil guna menyeimbangkan tampilan rak. 

Gunakan berbagai tekstur, dari matte hingga mengilap, atau gantungkan tanaman hijau. Contohnya, pilih benda tinggi, tanaman yang menjuntai dari rak, dan gunakan material mewah melalui pernak-pernik, seperti mangkuk, vas keramik, dan nampan marmer untuk benda-benda kecil.

Selain itu, memperhatikan pula bobot visual. Richard Misso, Direktur The Stylesmiths, menyarankan memadukan benda-benda yang lebih berat dengan benda kecil dan sedang.

“Kami percaya mencapai keseimbangan adalah kunci menciptakan tampilan estetis,” katanya.

Baca juga: 4 Tips Membuat Rak Terbuka di Dapur Semakin Bergaya

Pencahayaan

Pertimbangkan menerangi tempat penyimpanan terbuka untuk menonjolkan keindahan furnitur dan detail dekoratif yang Anda tempatkan di rak.

“Pencahayaan di bawah rak adalah cara bagus menyoroti barang-barang menarik,” ujar Nadia. 

Cobalah strip lampu LED atau bilah lampu yang ditempatkan dengan rapi. Anda juga dapat menambahkan lampu sorot yang bisa dipasang di bawah rak.

Lampu ini akan memancarkan kumpulan cahaya tersendiri dan membantu menonjolkan bagian tertentu dari rak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com