Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/10/2023, 21:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai termasuk tanaman sayur yang dikenal memiliki rasa pedas. 

Tanaman cabai banyak ditanam tukang kebun rumahan maupun pekebun andal atau petani karena mudah dilakukan, minim perawatan, serta memiliki sejumlah manfaat, seperti dapat digunakan untuk masakan saat panen sehingga meghemat pengeluaran.  

Baca juga: 5 Penyakit Tanaman Cabai dan Cara Mengatasinya

Sayangnya, ketika panen, ada sejumlah masalah yang membuat hasil cabai tidak sesuai keinginan, seperti rasanya tidak pedas.

Bukan cabai namanya jika rasanya tidak pedas. Cabai banyak digunakan dalam berbagai hidangan untuk memberikan rasa pedas sekaligus warna merah pada masakan yang dapat menggugah selera makan.

Selain menanam cabai dengan varietas lebih pedas, seperti Apocalypse Scorpion, penting memastikan tanaman cabai mendapatkan nutrisi cukup serta memetiknya saat sudah matang untuk mengembangkan rasa pedas dan panasnya. 

Jika ingin lebih meningkatkan tingkat kepedasan cabai, pertimbangkan menekannya dengan sedikit air. Anda juga dapat memanen cabai sebelum disiram untuk memastikan konsentrasi panas dan rasa  lebih tinggi. 

Nah, dilansir dari Bountiful Gardener, Jumat (13/10/2023), berikut cara mendapatkan cabai dengan rasa lebih pedas

Baca juga: Bisakah Menanam Benih Cabai dari Supermarket?

Buat tanaman cabai stres   

Ilustrasi tanaman cabai, pohon cabai, menanam cabai.SHUTTERSTOCK/AISYAQILUMARANAS Ilustrasi tanaman cabai, pohon cabai, menanam cabai.
Hal ini sedikit kontroversial, tetapi ini adalah salah satu cara pasti membuat tanaman cabai lebih pedas.  Cara termudah membuat tanaman cabai stres adalah mengurangi air atau penyiraman. Biarkan tanaman cabai mengalami kondisi lebih kering, tetapi tidak mematikannya. 

Stres akan menyebabkan tanaman cabai menjadi layu. Beberapa orang bahkan sengaja membiarkan tanaman cabai mereka mulai layu sebelum disiram untuk membuatnya lebih stres. 

Ketika memanen cabai, Anda harus melakukannya sebelum menyiramnya. Meski tanaman cabai tidak layu, tanaman tetap membutuhkan banyak air menyiramnya.

Air tersebut juga akan masuk ke cabai dan dapat mengencerkan rasa dan panasnya. Jadi, saat memanen, lakukan sebelum menyiram tanaman cabai atau hujan turun.

Petiklah dua buah cabai yang sudah matang, satu sebelum disiram dan satu lagi beberapa jam setelahnya. Anda akan merasakan perbedaannya. 

Baca juga: Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag, Mudah untuk Pemula

Pastikan tanaman cabai memiliki nutrisi cukup.

Cabai membutuhkan nutrisi cukup untuk berkembang dan mematangkan buahnya. Ini bisa menjadi cara mendapatkan cabai dengan rasa lebih pedas. 

Gunakan pupuk serbaguna yang seimbang dengan unsur hara mikro, termasuk belerang, untuk memastikan tanaman cabai mendapatkan apa yang dibutuhkan untuk tumbuh subur.

Untuk meningkatkan produksi buah, beralih ke pupuk NPK dengan kandungan nitrogen lebih sedikit serta fosfor dan kalium  lebih tinggi.  

Baca juga: Cara Menanam Cabai Hidroponik, Bisa Dilakukan di Lahan Sempit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com