Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Ini Manfaat Menanam Cabai dan Kemangi Secara Berdampingan

Kompas.com - 28/08/2023, 13:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemangi adalah salah satu tanaman herbal yang banyak ditanam di rumah. Tanaman kemangi mudah ditanam, subur, dan berguna sebagai tambahan rasa dan aroma hidangan.

Selain itu, tanaman kemangi juga disukai karena khasiat obatnya. Pasalnya, kemangi dianggap memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antioksidan.

Jika Anda sedang mencari ide kombinasi tanaman pendamping untuk memaksimalkan ruang tanam di halaman rumah, maka tanaman cabai dan kemangi adalah paduan yang bagus.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Kemangi dari Batang

Ilustrasi menanam kemangi atau basil.SHUTTERSTOCK/JAN HAVLICEK Ilustrasi menanam kemangi atau basil.

Dikutip dari House Digest, Senin (28/8/2023), ketika Anda menanam kedua tanaman ini secara berdampingan, rasa cabai tidak hanya akan meningkat seiring pertumbuhannya, tetapi kemangi juga akan membantu mengusir hama umum.

Dengan demikian, keduanya benar-benar merupakan kombinasi yang pas.

Cara menanam cabai dan kemangi secara berdampingan

Saat menanam kemangi dan cabai bersama-sama, pilihlah benih unggul untuk mendapatkan rasa yang maksimal dan ketahanan terhadap hama.

Ada beragam jenis kemangi dan cabai yang dapat dipilih. Pilih varietas yang paling Anda sukai untuk digunakan dalam masakan Anda.

Baca juga: 3 Cara Mengetahui Cabai Rawit Sudah Siap Dipanen

Anda membutuhkan tanah yang sedikit asam dan memiliki kemampuan menyerap air yang baik dengan tingkat pH sekitar 6,0 hingga 6,5 dan kompos.

Yang terbaik adalah menanam benih di dalam ruangan. Tempatkan di luar ruangan pada siang hari dan melindungi tanaman pada malam hari agar terbiasa dengan fluktuasi suhu dan lingkungan baru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com