Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Tanaman Cabai Hias, Bisa Juga Dikonsumsi

Kompas.com - 09/08/2023, 18:09 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Cabai merupakan salah satu komoditas populer yang banyak ditanam di Indonesia. Jenis cabai sangat beragam, salah satunya cabai hias.

Cabai hias adalah jenis cabai yang dibudidayakan sebagai tanaman hias. Buah cabai ini tidak terlalu besar dan warnanya cantik.

Baca juga: Cara Menanam Cabai Hidroponik Sistem Wick Pakai Botol Bekas 

Meski demikian, cabai hias tetap bisa dikonsumsi. Jenis cabai hias yang banyak disukai, antara lain cabai rawit setan, cu-pe-tin-ho, habanero apple, black hot, dan naga moris.

Cara menanam cabai hias sebenarnya tidak berbeda jauh dengan budidaya cabai lainnya. Dikutip dari buku Urban Farming ala Indonesia Berkebun, Rabu (9/8/2023), berikut cara menanam cabai hias

Penanaman cabai hias

tanaman cabai hiasPixabay/Hans tanaman cabai hias

Sama dengan jenis cabai lainnya, benih cabai hias juga perlu disemai terlebih dahulu. Penyemaian dilakukan dalam polybag atau tray semai yang sudah diisi dengan media tanam.

Benih yang sudah tumbuh menjadi bibit, kemudian dipindahkan ke polybag yang ukurannya lebih besar. Setelah pindah tanam, tempatkan polybag di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung agar tanaman cabai hias tidak layu. 

Baca juga: Cara Mengendalikan Kutu Putih Tanaman Cabai 

Setelah itu, pindahkan tanaman cabai hias ke tempat terang setelah mempunyai banyak cabang. Saat itu, umumnya bunga cabau mulai muncul di sela-sela cabang pertama.

Bunga tersebut sebaiknya dibuang agar pertumbuhan cabang dan daun tidak terganggu.

Apabila cabang dan daun telah rimbun, biarkan tanaman berbunga dan berbuah. Setelah tiga bulan kemudian, buah cabai hias sudah mulai bermunculan dan terlihat menarik.

Baca juga: Simak, 8 Tips Menanam Cabai di Pot agar Buahnya Lebat

Perawatan tanaman cabai hias

Perawatan tanaman cabai hias cukup mudah. Pastikan tanaman cabai hias terhindar dari serangan hama dan penyakit tanaman.

Pengendalian hama dan penyakit bisa menggunakan bahan organik, seperti tembakau, daun mimba, atau biji sirsak.

Ekstrak bahan alami tersebut bisa menekan populasi hama serta patogen penyebab penyakit pada tanaman cabai hias. Selain itu, pencegahan serangan hama dan penyakit juga dilakukan dengan memberikan sungkup dari plastik bening.

Tak hanya memastikan tanaman cabai hias tumbuh sehat, daun yang sudah tua juga perlu dipangkas. Pastikan juga tanaman cabai hias terkena sinar matahari cukup dan sebaiknya sungkup tanaman. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com