Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengendalikan Kutu Putih Tanaman Cabai

Kompas.com - 26/04/2023, 11:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu putih adalah salah satu hama yang menyerang tanaman cabai. Hama yang juga dikenal sebagai kutu kebul ini tidak hanya merusak tanaman cabai, tetapi juga mengganggu pemandangan.

Pasalnya, kutu putih menimbulkan bercak-bercak berwarna putih dan telur-telur yang menempel pada daun tanaman. Ini disebabkan oleh rusaknya sel-sel dan jaringan daun akibat serangan nimfa dan serangga dewasa.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (26/4/2023), selain kerusakan langsung oleh isapan imago dan nimfa, kutu putih sangat berbahaya karena dapat bertindak sebagai vektor virus.

Baca juga: Gampang, Begini Cara Mengatasi Kutu Putih pada Tanaman

Ilustrasi tanaman cabai, pohon cabai, menanam cabai.SHUTTERSTOCK/TATIANA MALIUK Ilustrasi tanaman cabai, pohon cabai, menanam cabai.

Jika tanaman cabai Anda diserang kutu putih, berikut beberapa cara mengendalikannya.

1. Gunakan insektisida organik

Ada banyak produk insektisida organik yang dijual di pasaran dengan kandungan dan keunggulan nya masing-masing. Salah satunya adalah antilat.

Selain ampuh membasni kutu putih, insektisida organik ini juga bisa mengusir si lalat buah yang biasanya membuat buah menjadi busuk.

Selain itu, ada beberapa keunggulan insektisida organik ini, antara lain sebagai berikut. Pertama, hama akan diusir bukan dibunuh seperti halnya kita menggunakan sabun cuci piring atau bahan kimia.

Baca juga: Mengenal Penyakit Virus Kuning Tanaman Cabai, Disebabkan Kutu Putih

Dapat meningkatkan daya tahan tanaman agar tidak mudah terserang hama dan penyakit. Insektisida ini relatif aman karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Selain itu, insektisida ini tidak menyebabkan kekebalan atau resistensi terhadap hama.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com