Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/10/2023, 19:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comBuncis adalah tanaman sayuran buah dari kelompok polong-polongan. Tanaman ini banyak tumbuh di Indonesia.

Secara umum, ada dua jenis buncis yang tumbuh di Indonesia yaitu buncis tipe merambat dan tipe tegak. Buncis merambat cocok ditanam di dataran tinggi antara 1000 sampai 1500 mdpl.

Sedangkan, buncis tipe tegak bisa ditanam di dataran rendah dengan ketinggian antara 400 sampai 900 mdpl. Selain ditanam di lahan terbuka, buncis juga bisa ditanam di pekarangan rumah.

Baca juga: 7 Cara Menanam Kacang Hijau di Lahan Kering

Dengan perawatan yang maksimal, tanaman ini bisa cepat panen dan hasilnya dapat dinikmati sendiri atau diperjual belikan.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (8/10/2023), berikut ini cara menanam buncis dari persiapan tanam sampai panen.

Persiapan lahan tanam

ilustrasi buncisiStockPhoto/Funwithfood ilustrasi buncis

Pekarangan rumah yang akan ditanami buncis perlu dibersihkan terlebih dahulu dari sisa tanaman, gulma, kerikil, dan bebatuan. Cangkul tanah sampai gembur dan buat guludan.

Tambahkan pupuk kandang sebagai pupuk dasar agar tanahnya subur. Lalu, tutup guludan dengan plastik mulsa dan lubangi plastik mulsa dengan diameter 5 sampai 7 cm.

Penanaman

Setelah itu, buat lubang tanam dan masukkan satu butir benih per lubang tanam. Lalu, tutup lubang tanam agar benih cepat berkecambah.

Baca juga: Cara Menanam Asparagus di Rumah dengan Mudah

Perawatan tanaman

Benih buncis akan tumbuh sekitar 2 minggu setelah tanam. Lakukan penyiraman dengan rutin agar benih tumbuh dengan maksimal.

Di musim kemarau, penyiraman setidaknya dilakukan 2 hingga 3 hari sekali. Namun, saat musim hujan penyiraman tidak perlu dilakukan.

Setelah berumur 2 minggu, berikan pupuk susulan yang berfungsi untuk menguatkan akar, batang, dan daun. Dua minggu setelahnya, lakukan pemupukan kembali dengan NPK 16:16 untuk menyeimbangkan pertumbuhan akar, daun, dan batang.

Selang dua minggu, berikan juga pupuk NPK gloser dan KNO untuk mempercepat pembungaan dan pembuahan. Semua pupuk diberikan sebanyak 3 gram per tanaman.

Baca juga: Mau Menanam Asparagus di Rumah? Berikut Caranya

Selain pemupukan, lakukan juga pengendalian hama dan penyakit tanaman. Caranya dengan memberikan pestisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Pemanenan

Tanaman buncis biasanya sudah siap panen saat berumur 45 hari setelah tanam. Pemanenan sebaiknya dilakukan di siang hari atau ketika matahari bersinar agar buncis tidak terkena paparan air hujan.

Cara panennya cukup dengan memetik ujung buncis dan sisakan sedikit tangkai daun yang menempel pada buahnya. Setelah itu, cuci bersih dan tiriskan. Kemudian, sortasi untuk memisahkan buncis berkualitas dengan buncis yang rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com