Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/10/2023, 20:52 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comPaprika adalah tanaman sayuran buah yang rasanya manis sedikit pedas. Paprika berasal dari suku terong-terongan atau Solanaceae.

Paprika ada yang berwarna kuning, ungu, merah, dan hijau. Biasanya, paprika ditambahkan dalam makanan sebagai penambah rasa.

Sama seperti sayuran lain, paprika juga bisa dengan mudah ditanam di rumah. Dilansir dari buku 5 Fakta Menarik tentang Paprika, Selasa (3/10/2023), berikut ini tata cara menanam paprika di rumah.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Paprika di Pot

Penyemaian benih

Benih paprika bisa didapatkan di toko pertanian terdekat. Pastikan membeli benih berkualitas yang sudah bersertifikat.

Benih kemudian direndam dalam air hangat kuku selama kurang lebih empat sampai enam jam. Sembari menunggu benih direndam, siapkan juga wadah penyemaian dan isi dengan tanah gembur.

Ilustrasi tanaman paprikaShutterstock/Douglas Olivares Ilustrasi tanaman paprika

Lalu, benih disebarkan di atas media tanam tersebut dan tutup dengan tanah atau pasir halus. Setelah itu, siram dengan air dan tunggu sampai benih berkecambah.

Proses penyemaian biasanya membutuhkan waktu sekitar 25 hari. Selama proses penyemaian, benih tidak boleh mendapatkan sinar matahari berlebihan. Jadi, sebaiknya simpan benih persemaian di tempat lembap dan teduh.

Baca juga: Cara Menanam Cabai Rawit di Polybag, Mudah untuk Pemula

Penanaman

Setelah menyemai, langkah selanjutnya yaitu penanaman. Waktu penanaman sebaiknya dilakukan di sore hari agar bibit paprika bisa beradaptasi dengan lingkungan dengan mudah.

Cara menanam paprika yaitu dengan membuat lubang tanam. Kemudian meletakkan bibit paprika dalam lubang tanam dan tutup dengan media tanam.

Cara merawat paprika

Setelah ditanam jangan lupa lakukan perawatan dengan maksimal. Tanaman paprika perlu disiram sebanyak dua kali saat pagi dan sore hari.

Namun, saat hujan penyiraman cukup dilakukan sehari saja. Tak hanya menyiram, lakukan juga pemupukan setelah bibit berumur 20 hari setelah bibit pindah tanam.

Pemupukan dilakukan setiap 20 hari sekali menggunakan pupuk organik dan pupuk kimia seperti NPK.

Baca juga: Cara Menanam Cabai Hidroponik, Bisa Dilakukan di Lahan Sempit

Panen

Paprika bisa dipanen setelah berumur kurang lebih tiga bulan setelah tanam. Paprika yang sudah bisa dipanen biasanya menunjukan ciri buahnya bersuara nyaring saat diketuk dan ukurannya biasanya sudah besar.

Cara panennya cukup dengan memetik buah paprika. Kemudian, kumpulkan dan tempatkan di wadah bersih.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com