Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Sayur di Rumah, Cocok untuk Mengisi Waktu di Akhir Pekan

Kompas.com - 30/09/2023, 13:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun merupakan salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan di akhir pekan bersama keluarga.

Selain untuk mengisi waktu luang, berkebun juga bisa menjadi aktivitas fisik yang menyehatkan. Nantinya, hasil panen dari tanaman yang dibudidayakan juga bisa dikonsumsi pribadi atau diperjualbelikan.

Ada banyak jenis tanaman yang dapat ditanam di halaman rumah. Salah satunya komoditas sayuran.

Baca juga: 6 Tips Menanam Sayur di Kebun untuk Pemula

Tanaman ini relatif mudah tumbuh dan minim perawatan. Beberapa jenis sayuran yang mudah ditanam, antara lain; kangkung, bayam, sawi, pakcoy, dan sayur daun lainnya.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (30/9/2023), menanam sayur di rumah bisa dilakukan dalam polybag, sehingga tidak membutuhkan banyak tempat.

Ilustrasi menanam sayuran di rumah.SHUTTERSTOCK/VIDU GUNARATNA Ilustrasi menanam sayuran di rumah.

Penanaman dan perawatannya juga menjadi lebih mudah. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Siapkan tempat dan media tanam

Sebelum mulai menanam, siapkan terlebih dahulu polybag dan media tanam yang akan digunakan. Pastikan polybag memiliki lubang pada bagian bawah agar drainasenya lancar.

Baca juga: Cara Menanam Brokoli di Rumah, Mudah untuk Pemula

Sedangkan media tanam yang digunakan yaitu media tanam yang subur. Biasanya terbuat dari campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1, 1:2, atau 1:3.

Selain menggunakan campuran media tanam yang subur, gunakan juga media tanam dari genteng yang diletakkan di bagian dasar polybag.

Tujuannya untuk menjaga aliran air siraman. Setelah itu, isikan media tanam dari campuran tanah dan pupuk organik sampai penuh.

Persemaian tanaman

Benih sayuran perlu disemai terlebih dahulu. Anda bisa menyemai dalam tray semai atau polybag kecil. Selain menyemai sendiri, Anda juga bisa mendapatkan bibit dari penangkar atau toko pertanian terdekat.

Baca juga: 5 Cara Menyemai Benih Tanaman di Dalam Ruangan Sebelum Dibawa Keluar

Penanaman

Cara menanam sayur di rumah cukup mudah yaitu buat lubang tanam di tengah media tanam. Lalu, letakkan bibit di lubang tanam tersebut dan tutup dengan media tanam. Padatkan media tanam agar bibit tidak mudah rebah.

Perawatan tanaman

Ilustrasi menanam kangkung di polybag. SHUTTERSTOCK/ELVITA SALMAN Ilustrasi menanam kangkung di polybag.

Pemeliharaan tanaman sayur cukup mudah. Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari. Jangan biarkan media tanam terlalu kering karena tanaman sayur membutuhkan air dalam jumlah cukup untuk tumbuh dengan baik.

Selain itu, cek juga kondisi tanaman untuk memastikan tidak ada hama maupun penyakit yang menyerang tanaman.

Apabila tanaman kurang subur, berikan pupuk kandang atau kompos. Pemupukan akan membuat tanaman tumbuh subur.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bawang Merah di Kebun

Pemanenan

Tanaman sayur umumnya memiliki masa panen yang relatif singkat antara 2 sampai 3 bulan. Namun, ada juga sayuran yang bisa dipanen dalam waktu 2 hingga 3 minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com