Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Kemangi di Pot, Bisa Dipanen Berulang Kali

Kompas.com - 27/09/2023, 13:25 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKemangi adalah tanama herba yang juga dianggap sebagai sayuran karena sering diolah bersama sayuran lain.

Kemangi bisa membuat makanan semakin sedap karena aromanya yang tajam. Selain diolah bersama makanan lain, kemangi juga bisa dimakan dalam kondisi mentah sebagai lalapan.

Selain bisa memberikan rasa nikmat pada makanan, kemangi juga banyak disukai karena mudah ditanam. Tanaman kemangi bahkan sering ditanam di pot dan dijadikan sebagai tanaman hias yang membuat suasana rumah semakin asri.

Baca juga: Tips Menanam dan Merawat Kemangi Lemon

Dilansir dari buku Petunjuk Praktis Menanam Kemangi dan Selasih, Rabu (27/9/2023), berikut ini cara menanam kemangi di pot dengan mudah dan bisa dipanen berulang kali.

Ilustrasi menanam tanaman kemangi, Ilustrasi tanaman kemangi.Shutterstock/aprilante Ilustrasi menanam tanaman kemangi, Ilustrasi tanaman kemangi.

Persiapan pot

Tanaman kemangi sebenarnya bisa ditanam di berbagai pot. Namun, pot tanah banyak dipilih karena harganya relatif murah dan bisa menunjang pertumbuhan tanaman.

Pot tanah juga memiliki sifat porous yang baik, bisa menyerap air, dan mampu menjaga sirkulasi udara yang berguna untuk tanaman.

Jika Anda tidak memiliki pot tanah, maka Anda bisa menggunakan karung bekas atau wadah bekas di rumah. Namun, pastikan wadah tersebut dibuat lubang pada bagian bawahnya sebagai saluran drainase.

Persiapan media tanam

Langkah budidaya kemangi selanjutnya yaitu menyiapkan media tanam. Di bagian dasar pot bisa diberi pecahan genteng, bata, atau sabut kelapa.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Kemangi dari Batang

Tujuannya agar udara bisa keluar masuk dengan mudah dan kelebihan air siraman bisa keluar dari bawah pot. Selain itu, bahan-bahan tersebut juga memudahkan saat repotting.

Di atas bahan-bahan tersebut, bisa ditambahkan tanah gembur yang telah dicampur dengan pupuk kandang dan sedikit pupuk NPK. Pengisian tanah di dalam pot sampai tingginya kurang lebih 5 cm di bawah permukaan atas pot.

Penanaman

Ada dua cara menanam kemangi di pot yaitu penanaman langsung dan tidak langsung. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

  • Penanaman langsung

Penanaman secara langsung dilakukan dengan menimbun biji kemangi ke dalam media tanam. Kemudian, timbun biji tersebut dengan media tanam.

Baca juga: Gampang, Ini 7 Cara Menanam Kemangi di Dalam Ruangan

Lakukan penyiraman dan tempatkan pot dalam tempat lembap. Setelah 5 hari, biji akan mulai berkecambah. Pada umur dua sampai tiga minggu, tanaman muda bisa dijarangkan dan disisakan satu atau dua tanam saja per pot.

  • Penanaman tidak langsung

Penanaman tidak langsung dilakukan menggunakan bibit atau tanaman mda. Caranya dengan menancapkan bibit pada media tanam yang sudah disiapkan.

Pastikan akar bibit tertimbun tanah dan padatkan area sekitar akar agar bibit tidak rebah. Tanaman muda dalam pot sebaiknya ditempatkan di area yang teduh agar tidak terkena matahari langsung.

Ilustrasi tanaman kemangi.Shutterstock/pilipphoto Ilustrasi tanaman kemangi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com