Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menanam Kemangi di Dalam Pot, Mudah dan Banyak Manfaat

Kompas.com - 28/09/2023, 08:58 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemangi menjadi salah satu tanaman herbal yang populer dan memiliki banyak kegunanan atau manfaat.

Tanaman kemamngi bisa diolah menjadi sayuran, bumbu masakan, hingga obat untuk menjaga kesehatan, di antaranya meningkatkan sistem imun, mengatasi asam lambung, serta mengendalikan gula darah.  

Baca juga: Cara Menanam Kemangi di Pot, Bisa Dipanen Berulang Kali

Tak heran, kemangi menjadi tanaman herbal yang banyak ditanam di rumah-rumah selain perawatannya yang minim.

 

Menanan kemangi tidak selalu ditanam langsung di tanah. Menanam kemangi dapat dilakukan di dalam pot dengan mudah dan melatakkannya di dalam ruangan maupun luar. 

Tanaman kemangi tumbuh  cepat sehingga Anda akan mendapatkan daunnya yang lezat dalam waktu singkat. Namun, tanaman kemangi tidak dapat bertahan lama di dalam maupun di luar ruangan karena merupakan tanaman semusim. 

Jadi, jangan khawatir jika tanaman kemangi mati dalam beberapa bulan. Untungnya, kemangi mudah tumbuh dari biji sehingga bisa menanam kemangi di kebun herbal dalam ruangan sepanjang tahun.

Nah, dilansir dari The Spruce, Kamis (28/9/2023), berikut beberapa cara menanam kemangi di dalam pot, baik di dalam ruangan maupun di luar.  

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Menanam Cabai dan Kemangi Secara Berdampingan

Temukan tempat cerah

Ilustrasi tanaman kemangi.Shutterstock/pilipphoto Ilustrasi tanaman kemangi.
Apakah Anda menanam kemangi di dalam atau luar ruangan, kemangi membutuhkan tempat yang hangat serta cerah untuk tumbuh subur.

Enam hingga delapan jam sinar matahari langsung sangat cocok. Jika tinggal di iklim sangat panas, berikan tanaman kemangi sedikit keteduhan pada sore hari untuk meringankan.

Tanaman kemangi yang terkena sinar matahari terlalu banyak bisa mengalami luka bakar pada daunnya. Meski begitu, jangan menanam kemangi di tempat teduh.

Untuk tanaman kemangi tumbuh baik, tanah dan udara harus cukup hangat, jadi jangan terburu-buru merepotting tanaman atau memindahkan ke pot baru pada musim semi.

Tunggu hingga sekitar dua minggu setelah embun beku terakhir sebelum memindahkan tanaman kemangi dan jangan lupa memadatkan tanahnya.  

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Kemangi dari Batang

Pilih pot 

Selanjutnya, cara menanam kemangi di dalam pot adalah memilih wadah yang digunakan. Semua jenis pot bisa digunakan untuk menanam kemangi.

Tanaman kemangi menyukai ruang sehingga udara dapat bersirkulasi di sekitar tanaman. Selain itu, tanaman herbal ini tidak suka mengering sepenuhnya, jadi Anda harus menggunakan pot besar.

Namun, kemangi rentan terhadap jamur, jadi menjaga aliran udara di antara tanaman adalah hal penting.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com