Kompas.com - 07/03/2021, 17:16 WIB
Ilustrasi asparagus. FREEPIK/VALERIA_AKSAKOVAIlustrasi asparagus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya merawat tanaman hias, berkebun sayuran dan buah-buahan di rumah juga banyak digeluti warga selama masa pandemi. Tidak hanya menyenangkan, berkebun di rumah juga bisa menghemat uang belanja.

Sebab, kita bisa langsung menikmati hasil panen untuk dijadikan bumbu dapur atau diolah menjadi hidangan yang lezat untuk keluarga. Salah satu sayuran yang bisa Anda tanam di rumah adalah asparagus.

Sayuran ini cukup mudah ditanam. Anda hanya membutuhkan area yang cerah dan tanah yang kering namun kaya akan unsur organik.

Baca juga: 5 Tanaman Sayur yang Mudah Ditanam di Halaman Rumah

Tidak hanya itu, asparagus juga merupakan sayuran yang penuh dengan manfaat bagi kesehatan, antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Minggu (7/3/2021).

Pertama, sparagus rendah kilojoule, tanpa lemak atau kolesterol, sekaligus menyediakan serat dan inulin. Keduanya adalah prebiotik yang sangat penting bagi tubuh.

Di samping itu, asparagus menyediakan vitamin kelompok B esensial thiamin, riboflavin, niacin, B6 dan biotin.

Asparagus juga adalah sumber folat yang bagus, dengan porsi yang memberi lebih dari 20 persen dari kebutuhan harian Anda. Folat penting untuk ibu hamil dan untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: 5 Tips agar Kamu Bisa Menanam Sayuran di Rumah

Satu porsi asparagus menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin C harian kita.

Asparagus memiliki rangkaian senyawa bio-aktif yang brilian, seperti antioksidan seperti rutin dan beta-karoten. Penelitian sangat menunjukkan bahwa senyawa bioaktif dalam asparagus membuat kita tetap sehat, hingga usia tua.

Tidak hanya itu, asparagus memiliki potasium dan senyawa nikotianamin untuk membantu menjaga tekanan darah Anda tetap terkendali.

Setelah dipetik, simpan lebih segar lebih lama dengan menyimpannya mirip dengan bunga potong segar. Simpan dalam kondisi berdiri tegak di dalam wadah dengan 1 cm air dingin, tutup dan tempatkan di lemari es.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X