Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/10/2023, 20:55 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wortel menjadi salah satu sayuran yang banyak diskuai. Sayuran ini bisa diolah menjadi makanan atau minuman.

Selain rasanya yang enak dan khas, wortel juga mengandung nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Wortel termasuk sayuran dataran tinggi yang membutuhkan udara sejuk untuk tumbuh dan berkembang. .

Meski demikian, wortel tetap bisa ditanam di sekitar rumah dalam pot atau polybag. Namun, perawatannya harus rutin agar tanaman wortel tumbuh dengan maksimal.

Ruth Hayer, gardening editor di Amateur Gardening mengatakan bahwa wortel tumbuh subur di tempat yang ternaungi, tanah subur, rutin disiangi, dan dibersihkan dari berbagai hal yang mengakibatkan akar bercabang

Baca juga: Cara Menanam Wortel di Air, Praktis dan Mudah

Selain kondisi lingkungan, ada juga beberapa hal lain yang perlu diperhatikan saat menanam wortel di pot. Dilansir dari Homes and Gardens, Sabtu (7/10/2023), simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara menanam wortel dalam pot

Tanaman wortelpixabay.com Tanaman wortel

Salah satu faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan wortel dalam pot yaitu ukuran pot yang digunakan. Sebaiknya gunakan pot yang cukup besar karena wortel termasuk tanaman berakar panjang.

Selain itu, media tanam juga penting untuk dipersiapkan. Anda bisa menggunakan media tanam dari campuran tanah dan kompos.

Setelah itu, media tanam dimasukkan dalam pot. Lalu, taburkan benih wortel dan tutup dengan tanah tipis-tipis.

Lakukan penyiraman agar tanaman tumbuh dengan cepat. Jangan lupa untuk memberikan pupuk agar tanaman tumbuh subur.

Baca juga: Cara Menanam Wortel dari Wortel, Pakai Air hingga Koran

Tanaman wortel bisa ditempatkan di area yang terkena sinar matahari seperti di atas teras atau serambi. Jaga agar media tanam tetap lembap dengan rutin melakukan penyiraman.

Sementara itu, untuk menjaga agar tanaman tidak terserang hama, Anda bisa menanam tanaman pendamping seperti bawang daun.

Selain mencegah wortel terserang hama, penanaman bawang daun juga bisa membuat area rumah terlihat lebih cantik dan asri.

Cara memanen wortel

Waktu panen wortel bergantung pada varietas yang ditanam, waktu penanamannya, dan kondisi iklim. Wortel yang ditanam di dalam pot diketahui bisa dipanen lebih cepat, sebab beberapa faktor bisa dikendalikan.

Misal, dengan meletakkan tanaman di tempat yang paling ideal untuk tanaman tersebut atau dengan menanam varietas wortel yang umur panennya singkat.

Baca juga: 5 Pupuk Alami untuk Tanaman Wortel agar Panennya Melimpah

Umumnya, wortel biasanya dipanen setelah berumur 14 hingga 16 minggu setelah semai. Cara panen wortel cukup dengan mencabut tanaman sampai ke akarnya.

Setelah itu, buang daunnya dan bersihkan umbinya. Wortel yang setelah dipanen perlu disimpan dalam wadah bersih agar kualitasnya terjaga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com