Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/09/2023, 08:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran kecoak di rumah adalah hal yang mengganggu. Kecoak berkeliaran di segala hal mulai dari meja hingga lantai, meninggalkan bakteri dan kotoran.

Selain itu, dikutip dari House Digest, Jumat (22/9/2023), kecoak diketahui membawa setidaknya 30 jenis bakteri berbahaya, yang dapat menyebabkan apa saja mulai dari demam tifoid, disentri, hingga kolera, menurut Northwest Exterminating.

Penyakit ini dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang signifikan. Dengan demikian, penting untuk mencoba mengusir kecoak segera setelah Anda melihatnya.

Baca juga: Stop Lakukan Kebiasaan yang Bikin Kecoak Masuk ke Rumah, Apa Itu?

Ilustrasi kecoak di rumah. SHUTTERSTOCK/RHJPHTOTOS Ilustrasi kecoak di rumah.

Namun, seringkali mengusir kecoak bukan hal yang mudah. Anda dapat mencoba cara mengusir kecoak sendiri terlebih dahulu dengan saus sambal.

Saus sambal bisa digunakan untuk mengusir kecoak dari rumah. Ini adalah cara yang bagus untuk dicoba karena kebanyakan orang sudah memiliki saus sambal, sehingga layak untuk dicoba.

Cara mengusir kecoak pakai saus sambal

Meskipun tidak ada penelitian pasti yang membuktikan kecoak membenci saus sambal, ada banyak bukti yang bersifat anekdot. Kecoak menyukai bau dan rasa saus sambal.

Saus sambal mengandung capsaicin yang menimbulkan rasa pedas. Baunya juga sangat menyengat, yang dapat menghalangi kecoak untuk berkeliaran.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Kecoak dari Rumah dengan Bahan Alami

Namun, Anda tidak boleh hanya menyebarkan tetesan saus sambal di wastafel atau pintu masuk. Sebagai gantinya, encerkan saus sambal dengan air dan gunakan botol semprot untuk menyebarkannya.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencampurkan 2 sendok makan saus sambal dengan 1 liter air. Tuangkan ke dalam botol semprot, kocok agar tercampur rata, dan semprotkan di area yang baru-baru ini Anda lihat aktivitas kecoak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com