Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Tidur Menghadap ke Utara, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?

Kompas.com - 18/09/2023, 08:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidur merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi semua orang setiap harinya. Pasalnya, cukup tidur tak hanya menjaga kesehatan fisik dan mental, tetapi juga berdampak sangat besar terhadap kualitas hidup secara keseluruhan. 

Sayangnya, banyak dari kita yang kebutuhan tidurnya tidak terpenuhi maksimal alias tidak berkualitas, bahkan sulit beristirahat.  

Baca juga: Bolehkan Meletakkan Kursi Menghadap Langsung ke Tempat Tidur?

Ada sejumlah penyebab sulit tidur, dari stres, mengonsumsi makanan manis sebelum tidur, kamar tidur yang panas dan tidak nyaman, hingga posisi tidur.  

Untuk penyebab terakhir, ada beberapa posisi tidur yang dapat mempengaruhi kualitas tidur maupun mengganggu istirahat. 

Sesuai dengan arah mata angin, posisi tidur juga terdiri atas timur, utara, barat, dan selatan. Lantas, manakah posisi terbaik untuk tidur? 

Sejumlah ahli tidur terbaik, psikolog, dan terapis memaparkan bahwa utara adalah arah atau posisi terbaik untuk tidur.  

Dilansir dari Ideal Homes, Senin (18/9/2023), berikut penjelasan tentang posisi tidur menghadap ke utara

Baca juga: 6 Arti Posisi Tempat Tidur yang Menunjukkan Kepribadian Anda

Haruskah tidur menghadap ke utara?

Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.Shutterstock/Justin_Krug Ilustrasi kamar tidur dengan balok kayu pada plafon.

Ada sejumlah penelitian yang mendukung manfaat posisi tidur menghadap ke utara dengan kepala di selatan dan kaki ke utara.

Ana Brito, pakar ahli somnologi bersertifikat dari European Sleep Research Society, menjelaskan penelitian terbaru menunjukkan tidur dengan posisi kepala di selatan dapat meningkatkan kualitas tidur, kesehatan jantung, dan kesehatan mental. 

Meski efek orientasi tidur terhadap kesehatan dan kesejahteraan membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk divalidasi secara ilmiah, beberapa filosofi pengobatan Timur kuno telah memberikan panduan untuk merancang lingkungan tidur yang optimal selama berabad-abad. 

Filosofi Timur yang dimaksud Ana adalah feng shui dan vastu shastra yang kurang populer.  

Baca juga: 5 Barang yang Harus Disingkirkan dari Kamar Tidur, Kenapa?

Katherine Hall, psikolog tidur di Happy Beds, mengatakan vastu shastra adalah sebuah praktik arsitektur asal India yang memandang bangunan sebagai organisme hidup yang dapat dirancang selaras dengan energi alam semesta. 

Kedua praktik kuno ini memiliki ide sangat jelas tentang bagaimana menata furnitur di kamar tidur, bahkan semua ruangan di rumah. 

Nerina Ramlakhan, ahli fisiologi dan terapis tidur, menjelaskan jika kita memandang tubuh sebagai sebuah sistem energi listrik, sangat masuk akal jika orientasi dan posisi tidur dapat memengaruhi tidur Anda," tambah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com